PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 MATERI HIMPUNAN SMPN 2 SUMBERGEMPOL

ANNAS FAJAR SASONGKO, 1724143035 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 MATERI HIMPUNAN SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Annas Fajar Sasongko dibimbing oleh Miswanto, M. Pd. Kata kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), hasil belajar, Himpunan Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatis. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran CTL dengan hasil belajar matematika siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Mengetahui besarnya model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan eksperimen murni, dan menggunakan dua kelas sebagai penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. maka peneliti menggunakan kelas tersebut sebagai obyek penelitian, yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran CTL dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi himpunan Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait data sekolah dan data siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi himpunan. Sedangkan observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > ttabel atau 3,634 > 2,003 dan Sig. (2-tailed) = 0.001 < 0.05, 2) besar pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0.971 , dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 84%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143035 ANNAS FAJAR SASONGKO
Date Deposited: 30 May 2022 07:36
Last Modified: 30 May 2022 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25739

Actions (login required)

View Item View Item