PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSA’ADAH DOMASAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

JANNAH, MUFIDA ZAHROIL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSA’ADAH DOMASAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1- SAMPUL DEPAN SAMPAI ABSTRAK.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1- BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2- BAB 2.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3- BAB 3.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4- BAB 4.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5- BAB 5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas V MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Mufida Zahroil Jannah, NIM. 3217113070, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagug, dibimbing oleh Bapak Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI),Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh lemahnya para peserta didik dalam memahami Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), model pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kurang bervariasi, hasil belajar peserta didik relatif rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Peserta Didik kelas VA MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Peserta Didik kelas VA MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Peserta Didik kelas VA MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. (2)Meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Peserta Didik kelas VA MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V- A MI Darussa’adah Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilandalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas V-A MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 74,13 (59,09%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 86,95 (90,90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,82. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi proklamasi kemerdekaan peserta didik kelas V-A MI Darussa’adah Domasan Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: MUFIDA ZAHROIL JANNAH
Date Deposited: 30 Oct 2015 03:45
Last Modified: 30 Oct 2015 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item