KEEFEKTIFAN TEKNIK AKROSTIK DALAM MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DIANA LU’LUIL MAKNUNIN, 12210173135 (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK AKROSTIK DALAM MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keefektifan Teknik Akrostik dalam Menulis Puisi oleh Siswa Kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Diana Lu’luil Maknunin, NIM. 12210173135, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Teknik Akrostik, Menulis Puisi. Teknik akrostik adalah salah satu teknik yang dapat digunakan dalam menulis puisi. Bentuk puisi akrostik memiliki keunikan karena huruf awal pada tiap baris akan membentuk kata saat dibaca. Di MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar, siswa masih cenderung pasif dan kesulitan menemukan diksi saat pembelajaran menulis puisi. Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi juga menjadi kendala saat pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menggunakan teknik akrostik dalam menulis puisi supaya permasalahan yang muncul dapat teratasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Eksperimental. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Dokumentasi berupa RPP dan hasil belajar peserta didik dalam menulis puisi. Adapun tes yang digunkan dalam penelitian ini berupa tes menulis puisi. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (penerapan teknik akrostik) terhadap variabel Y (kemampuan siswa dalam menulis puisi). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah keefektifan teknik akrostik dalam menulis puisi oleh siswa kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik akrostik dalam menulis puisi oleh siswa kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diajukan maka hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik dan tanpa menggunakan teknik akrostik. Perbandingan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah kelas eksperimen lebih berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji independent sample t-test dengan nilai sebesar 0.000<0,05 sehingga hipotesis dapat diterima. Nilai rata-rata hasil post-test menulis puisi pada kelas kontrol sebesar 70,34 dan kelas eksperimen sebesar 84,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik akrostik efektif untuk digunakan dalam menulis puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173135 DIANA LU’LUIL MAKNUNIN
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:51
Last Modified: 03 Jun 2022 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25848

Actions (login required)

View Item View Item