DIAN NOVITASARI, 12402183018 (2022) ANALISIS STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) SEBAGAI PENENTU STRATEGI PEMASARAN PADA WISATA EDUKASI KAMPUNG LELE DESA TALES KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (10MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Wisata Edukasi Kampung Lele Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Dian Novitasari, NIM. 12402183018, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Refki Rusyadi, M.Pd.I. Fenomena wisata yang identik dengan kampung marak hadir sebagai objek wisata yang banyak diminati oleh masyarakat. Namun, kepopuleran wisata-wisata kampung tersebut tidak berlangsung lama. Atas dasar hal tersebut penulis tertarik melakukan analisis SWOT terhadap salah satu wisata kampung yaitu Wisata Edukasi Kampung Lele yang berlokasi di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Wisata Edukasi Kampung Lele adalah sebuah usaha dibidang pariwisata sekaligus kuliner. Dengan dilakukannya analisis SWOT akan diketahui alternatif-alternatif strategi pemasaran yang lebih terarah dan terstruktur. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Wisata Edukasi Kampung Lele dilihat dari komponen analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT)? 2) Bagaimana rekomendasi strategi dari analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT)? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui Wisata Edukasi Kampung Lele dilihat dari komponen analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) dengan demikian dapat diketahui rekomendasi strategi berdasarkan analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan/verifikasi, pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keabsahan temuan, ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Dari keempat komponen analisis SWOT, faktor kekuatan menjadi faktor yang paling dominan dengan skor total sebesar 2,75 sehingga Wisata Edukasi Kampung Lele mempunyai kekuatan-kekuatan yang bagus untuk menghadapi persaingan. 2) Rekomendasi strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT yaitu dengan cara memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dengan memanfaatkan peluang untuk memperoleh keuntungan dan mencapai pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan yaitu: mencantumkan label halal pada kemasan produk frozen, mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk olahan, membuat promopromo paket edukasi atau paket kuliner dengan menarik dan pemberian diskondiskon dengan syarat tertentu, menggencarkan promosi dan periklanan di berbagai media sosial dan juga meningkatkan penjualan berbasis online melalui marketplace-marketplace, menambah fasilitas spot foto dengan tema yang menarik, menambah inovasi-inovasi menu baru yang diminati konsumen, dan membuat kerajinan-kerajinan sebagai souvenir yang mencerminkan ciri khas Wisata Edukasi Kampung Lele.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Akad Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Produksi Ekonomi > Sosial Ekonomi Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402183018 DIAN NOVITASARI |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 07:37 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25957 |
Actions (login required)
View Item |