STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DI UMKM MEBEL LANCAR JAYA DESA TAWING KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

MIFTAQU ROCHMAH, 12405183245 (2022) STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DI UMKM MEBEL LANCAR JAYA DESA TAWING KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Srategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Perspektif Etika Bisnis Islam Di UMKM Mebel Lancar Jaya Desa Tawing Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Miftaqu Rochmah, NIM 12405183245, yang dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan antar usaha yang semakin ketat dalam menjalin komitmen dan keloyalan seorang pelanggan dengan memberikan pelayanan guna meningkatkan kepuasan melalui perspektif etika bisnis Islam. Perusahaan perlu menciptakan strategi yang tepat untuk menghasilkan peningkatan yang efektif sehingga dapat bersaing secara unggul dengan menggunakan perspektif etika bisnis Islam. Penulis memilih UMKM Mebel Lancar Jaya dengan alasan bahwa UMKM ini adalah salah satu dari sekian banyak UMKM yang menempatkan tujuannya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, dan salah satu UMKM yang penjualannya semakin meningkat drastis selama pandemi sampai saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bukti fisik pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan perspektif etika bisnis Islam, (2) bagaimana keandalan pelayanan UMKM Mebel Lancar jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan perspektif etika bisnis Islam, (3) bagaimana daya tanggap pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan perspektif etika bisnis Islam, (4) Bagaimana jaminan pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan perspektif etika bisnis Islam, (5) bagaimana empati pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bukti fisik pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya Desa dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, (2) mengetahui keandalan pelayanan UMKM Mebel Lancar jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, (3) mengetahui daya tanggap pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, (4) mengetahui jaminan pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, (5) mengetahui empati pelayanan UMKM Mebel Lancar Jaya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Perspektif etika bisnis Islam juga termasuk kedalam tiap indikator tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Mebel Lancar Jaya menggunakan lima indikator strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan perspektif etika bisnis Islam yaitu: (1) bukti fisik pelayanan dengan kualitas dan mutu mulai dari bahan baku, pembuatan dan kelangkapan alat, (2) keandalan pelayanan berupa memberikan prioritas dalam pelayanan jasa dan penepatan janji dalam pengerjaan, (3) daya tanggap pelayanan dengan pelayanan yang cepat dan Ketepatan waktu dalam pemenuhan pesanan, (4) jaminan pelayanan menerima perbaikan produk agar sesuai pesanan, (5) empati pelayanan berupa hubungan baik dan komunikasi yang dilakukan secara rutin dengan pelanggan. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183245 MIFTAQU ROCHMAH
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:31
Last Modified: 08 Jun 2022 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26001

Actions (login required)

View Item View Item