STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA KERAJINAN KREASI TAS TALI KUR DODIK ALFI BLITAR

NAWANG ALFENA TARA, 12405183044 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA KERAJINAN KREASI TAS TALI KUR DODIK ALFI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (591kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kerajinan Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar” ini ditulis oleh Nawang Alfena Tara, Nim. 12405183044, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa semua perusahaan atau organisasi, tentu mempunyai suatu tujuan sendiri-sendiri untuk memotivasi produknya dari proses berdirinya hingga sekarang ini. Demikian pula dengn strategi pemasaran yang dilakukan di Kerajinan Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar untuk mencapai target dalam meningkatkan penjualannya. Strategi pemasaran dilakukan dengan cara unik yaitu dengan memasarkan hasil kerajinan tangan berupa olahan tas yang terbuat dari tali kur melalui pameran dan pelatihan gratis bagi masyarakat mulai dari proses pengerjaan, hasil olahan serta sampai tahap pemasaran tali kur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi pemasaran produk (product) dalam meningkatkan penjualan pada Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar, (2) Mendeskripsikan strategi pemasaran harga (price) dalam meningkatkan penjualan pada Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar (3) Mendeskripsikan strategi pemasaran promosi (promotion) dalam meningkatkan penjualan pada Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar, (4) Mendeskripsikan strategi pemasaran tempat (place) dalam meningkatkan penjualan pada Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumetasi dan koesioner. Teknik analisis data menggunakan kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kreasi Tas Tali Kur Dodik Alfi Blitar menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui, (1) Penerapan strategi produk yang mengutamakan kualitas dan keberagaman produk dengan mengandalkan keunikan dari segi kemasan, merek, label, pelayanan, kualitas dan jaminan, (2) Strategi pemasaran harga ditetapkan sesuai kualitas barang, (3) Strategi promosi yang diterapkan melalui sosial media, melalui konsumen langsung, dan lebih melalui mulut ke mulut, tentunya dilakukan dengan jujur tidak ada unsur penipuan, (4) Strategi tempat dan pendistribusian, memilih lokasi di desa kandangan berdekatan dekat dengan jalan raya antar kota, akan tetapi berdekatan dengan rumah warga. Wilayah pendistribusian antara lain: Jawa Timur, Kalimantan, Sumatra, Maluku, Taiwan dan Hongkong. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Peningkatan Penjualan, Kerajinan kreasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183044 Nawang Alfena Tara
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:18
Last Modified: 11 Jun 2022 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26025

Actions (login required)

View Item View Item