MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SANTRI (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Tulungagung)

MUHAMAD ZAKARIYA ANNAFIS, 12501194016 (2022) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SANTRI (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul. Manajemen Strategi Dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup (life skill) Santri (Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung) ini ditulis oleh Muhamad Zakariya Annafis dengan promotor: (1) Prof. Dr. Munardji, M.Ag., (2) Dr. Abd Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kecakapan Hidup, Santri Lembaga pendidikan islam harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya sekedar sebagai penerima arus global, namun juga harus memberikan bekal kepada mereka agar mampu mengolah, menyesuaikan, memecahkan dan mengembangkan segala hal yang diterima melalui arus informasi, yakni manusia yang aktif, kreatif, inovatif dan produktif. Oleh karena itu Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung selain memberikan bekal ilmu agama juga melakukan pengembangan kecakapan hidup (life skill) untuk santri agar bisa survive the life. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana formulasi strategi dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) santri di pondok pesantren mamba’ul hikam udanawu blitar dan pondok pesantren darussalam campurdarat tulungagung? (2) Bagaimana implementasi strategi dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) santri di pondok pesantren mamba’ul hikam udanawu blitar dan pondok pesantren darussalam campurdarat tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) santri di pondok pesantren mamba’ul hikam udanawu blitar dan pondok pesantren darussalam campurdarat tulungagung? Adapun tujuan penelitianya adalah untuk mendeskripsikan formulasi, imlementasi, evaluasi strategi dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) santri di pondok pesantren mamba’ul hikam udanawu blitar dan pondok pesantren darussalam campurdarat tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display dan verifikasi data melalui kasus individu dan lintas kasus. Uji keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan ketekunanpengamatan. Informan penelitian yaitu, pengasuh, dewan masyayikh, lurah pondok, ustadz, dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) formulasi strategi di pondok pesantren mamba’ul hikam dan pondok pesantren darussalam dilakukan dengan terlebih dahulu merumuskan visi dan misi, melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal, dilanjutkan penetapan kecakapan hidup yang diaplikasikan dengan program pondok (2) implementasi strategi di pondok pesantren mamba’ul hikam dan pondok pesantren darussalam dilakukan dengan menjabarkan strategi yang dirumuskan dalam bentuk kegiatan-kegiatan. Teknis pelaksanaanya diserahkan kepada pengurus dan ustadz. Sistem pengawasan dilakukan dengan menerapkan komunikasi intensif serta pengontrolan rutin keada koordinator kegiatan. (3) evaluasi strategi di pondok pesantren mamba’ul hikam dan pondok pesantren darussalam dilakukan melalui rapat informal maupun formal. Rapat formal dilakukan seacara rutin baik internal maupun eksternal. Dengan rapat tersebut, kemudian dirumuskan langkah-langkah perbaikan kedepan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194016 Muhamad Zakariya Annafis
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:33
Last Modified: 11 Jun 2022 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item