PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SHELY NUR LUTHFIYAH, 12209183091 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilaitarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang masih bepatok pada media pembelajaran yang berupa LKS dan buku paket saja. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada saat magang I dan magang II yang telah dilakukan oleh peneliti, maka peneliti menemukan beberapa masalah yang terjadi diantaranya materi yang diteliti tentang pengaruh perubahan dan interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara-negara ASEAN juga termasuk materi yang kurang diminati peserta didik, yang mana materi IPS harus diseimbangi dengan gambar-gambar agar dapat memudahkan pemahaman peserta didik oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang efektif guna menunjang proses belajar mengajar. iRumusan masalah iidalam penulisani skripsi inii yaitu (1) Bagaimana iproses langkah-langkah ipengembangan imedia pembelajarani infografisi mind mapping ipada mata pelajaran IPS materi Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media pembelajaran infografis mind mapping pada mata pelajaran IPS materi Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara ASEAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk baru atau mengembangkan produk yang telah ada. Selain itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran infografis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung pada materi pengaruh perubahan dan interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara-negara ASEAN, serta iuntuk mengetahuii tingkati kevalidan, ikepraktisan, dan ikeefektifan dalam penggunaan imedia pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yaitu dengan 10 langkah pengembangan. Sedangkan data yang diperoleh melalui iangket ivalidasi, iangket respon ipeserta didik, observasii peserta ididik, iserta nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji validasi oleh beberapa ahli, maka perolehan hasil uji validasi media dengan rata-rata presentase sebesar 75% dimana masuk dalam kategori valid, selanjutnya hasil uji validasi ahli materi mempeoleh rata-rata presentase sebesar 90% dimana masuk dalam kategori valid, dan hasil uji validasi guru dengan presentase sebesar 82,3% masuk dalam kategori valid. Pada tingkat kepraktisan media pembelajaran ini menunjukkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai ketuntasan siswa sebesar 70% idilihat dari ihasil angketi responi peserta didiki terhadap imedia praktis. Selanjutnya pada hasil analisis observasi aktivitas siswa menunjukkan presentase sebesar 15% sehingga media dapat dikatakan praktis digunakan dalam pembelajaran. Pada tingkat keefektifan media pembelajaran diuji dengan uji hipotesis menggunakan Paired Sample Test dengan hasil sig = 0,000 maka hasil sig 0,000 < 0,005 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan hasil belajar/prestasi belajar siswa dari sebelum menggunakan media pembelajaran dengan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dapat dilihat juga dari hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test yaitu dengan nilai pre-test 62.8 < nilai post-tes 71 maka media dinyatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183091 SHELY NUR LUTHFIYAH
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:59
Last Modified: 14 Jun 2022 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26094

Actions (login required)

View Item View Item