STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH RENCANA DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP NGANJUK

DEVY OKTAVIA PUSPITARINI, 12401183046 (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH RENCANA DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah Rencana dalam Menarik Minat Nasabah di Bank Muamalat KCP Nganjuk” ditulis oleh Devy Oktavia Puspitarini, NIM 12401183046, jurusan Perbankan Syariah, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. Ngainun Naim, M. H. I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh nasabah pada produk tabungan iB Hijrah Rencana di Bank Muamalat KCP Nganjuk dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan. Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan produk tersebut. Hal tersebut menandakan adanya permasalahan dalam pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Nganjuk. Permasalahan yang dirumuskan oleh peneliti terdapat 3 pertanyaan: (1) Bagaimana model pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Rencana di Bank Muamalat KCP Nganjuk?, (2) Apa saja hambatan dalam proses pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Rencana di Bank Muamalat KCP Nganjuk? (3) Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam proses pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Rencana di Bank Muamalat KCP Nganjuk?. Penelitian ini termasuk penelitian studi lapangan, dalam proses pelaksanaannya penelitian in menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memfokuskan kajiannya pada strategi pemasaran produk tabungan iB Hijrah Rencana guna menarik minat nasabah. Data diambil dengan metode wawancara dengan para karyawan dan masyarakat sekitar Bank Muamalat KCP Nganjuk, observasi dan dokumentasi dilakukan di lingkungan serta di luar lingkungan sekitar Bank Muamalat KCP, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terkait strategi pemasaran produk tabungan iB Hijrah Rencana guna menarik minat nasabah, maka diperoleh kesimpulan bahwa, (1)Model pemasaran yang diterapkan Bank Muamalat Indonesia KCP Nganjuk dalam memasarkan produk tabungan IB Hijrah menggunakan dua model pemasaran, yaitu model pemasaran khusus, dan model pemasaran berdasarkan bauran pemasaran. (2) hambatan dalam proses pemasaran,seperti kurangnya minat menabung pada masyarakat, tidak adanya informasi atau pengingat mengenai waktu jatuh tempo, serta hambatan lain yaitu penuruana nasabah di masa Pandemic Covid-19. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan yang ada yaitu dengan memberikan edukasi agar dapat menumbuhkan minat menabung melalui sosialisasi, mengedukasi kepada nasabah untuk mencetak buku tabungan setiap periode tertentu, dan menawarkan produk tabungan IB Hijrah Rencana kepada nasabah lama via telepon. Kata Kunci: Pemasaran Produk, Minat Nasabah, Tabungan iB Hijrah Rencana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401183046 DEVY OKTAVIA PUSPITARINI
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:30
Last Modified: 14 Jun 2022 05:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26101

Actions (login required)

View Item View Item