PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B KABUPATEN TULUNGAGUNG

ELITA, MEI AYU (2015) PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
a.) SAMPUL (pertama) Mei Ayu Elita.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text
b.) i - xv (Mei Ayu Elita) (2).pdf

Download (249kB)
[img] Text
c.) ABSTRAK (Mei Ayu Elita).pdf

Download (82kB)
[img] Text
d.) Bab I, II, III, IV, V, VI (LENGKAP) Mei Ayu Elita.pdf

Download (830kB)
[img] Text
e.) DAFTAR PUSTAKA (Mei Ayu Elita).pdf

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
f.) LAMPIRAN (Mei Ayu Elita).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Mei Ayu Elita, NIM. 3211113122, pembimbing Dr. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Agama Islam, dan Narapidana. Penelitian ini adalah sebuah fenomena bahwa angka kriminalitas di negara ini prosentasenya terus meningkat. Aparat keamanan juga semakin gencar menumpas dan menangkap para pelakunya yang secara tidak langsung mengganggu keamanan dan meresahkan masyarakat. Pelaku-pelaku tersebut ditangkap dan dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan Negara untuk direhabilitasi dan dibina, agar nantinya para narapidana ketika terjun di masyarakat tidak mengulangi perbuatan yang sama. Seperti yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung. Dalam hal ini, Pembelajaran Agama Islam memiliki peran penting dalam proses pembinaan, karena salah satu penyadaran bagi mereka adalah dengan cara mengembalikan ke jalan agama. Akan tetapi, internalisasi pembelajaran agama Islam terhadap narapidana pada realitasnya kurang terlihat hasilnya, sehingga para narapidana setelah bebas dari Lapas (kembali ke masyarakat) masih berperilaku kriminal. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Apa yang melatarbelakangi diterapkannya Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung? (2) Mengapa harus diterapkan Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana caranya menerapkan Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung? Dari fokus penelitian tersebut penulis mengambil langkah untuk menelitinya dengan tujuan mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kabupaten Tulungagung. Adapun tujuan secara umum penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk memahami yang melatarbelakangi diterapkannya Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung? (2) Untuk memahami diterapkannya Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung? (3) Untuk memahami caranya menerapkan Pembelajaran Agama Islam Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Tulungagung? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang diperoleh dari wawancara atau percakapan biasa, observasi dan dokumentasi. Datanya bisa berupa kata, gambar, foto, catatan-catatan rapat, dan sebagainya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan studi kasus yaitu suatu kajian yang rinci tentang satu latar, atau subjek tunggal, atau satu tempat penyimpanan dokumen, atau suatu peristiwa tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Yang melatarbelakangi diterapkannya Pembelajaran Agama Islam bagi Narapidana adalah narapidana sebelum masuk ke lembaga Pemasyarakatan mayoritas tidak tahu agama dan tidak mengenal agama. Sehingga diterapkan Pembelajaran Agama Islam didalam Lapas. (2) Alasan diterapkannya Pembelajaran Agama Islam bagi narapidana karena diharapkan setelah mendapat pembelajaran tentang keagamaan para narapidana tidak mengulangi tindak kejahatan yang telah mereka lakukan dan melanggar hukum. (3) Pelaksanaan Pembelajaran agama Islam bagi narapidana pertama, di Masjid pada hari Senin dan Selasa. Kedua, Kurikulum yang digunakan tidak ada. Materi yang disampaikan meliputi Materi Tauhid, Tasawuf, Akidah Akhlak, Al-Quran dan Hadis, Sejarah Islam dan Fiqih. Metode yang digunakan Metode Da’wah meliputi Ceramah, Tanya Jawab atau Konsultasi, dan Metode bercerita (al qishah).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MEI AYU ELITA
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:04
Last Modified: 16 Nov 2015 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item