PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI MAN 4 KEDIRI

RIMA MERIA NUR DIVA, 12211183014 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI MAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Rima Meria Nur Diva, 12211183014, 2022, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Materi Gelombang Mekanik Kelas XI MA Negeri 4 Kediri. Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar fisika dan kurangnya menguasai konsep pengetahuan fisika. Maka penerapan model pembelajaran problem based learning diperlukan untuk mengatasi maslah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar fisika peserta didik pada materi gelombang mekanik kelas XI MIPA MA Negeri 4 Kediri, 2) Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar fisika peserta didik pada materi gelombang mekanik kelas XI MIPA MA Negeri 4 Kediri, 3) Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika peserta didik pada materi gelombang mekanik kelas XI MIPA MA Negeri 4 Kediri. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Penelitian dilakukan di MAN 4 Kediri dengan populasi seluruh kelas XI MIPA dan sampelnya kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Sampling yang digunakan yakni teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dengan angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar (pre-test & post-test) serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan uju instrument terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat terdiri atas uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis terdiri atas uji-t dan uji MANOVA. Berdasarkan analisi, dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik materi gelombang mekanik kelas XI MIPA MAN 4 Kediri dengan nilai thitung > ttabel atau 2,777 > 1,688 dan nilai signifikansi 0,007 < 0,05, 2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap prestasi belajar peserta didik materi gelombang mekanik kelas XI MIPA MAN 4 Kediri thitung > ttabel atau 2,506 > 1,688 dan nilai signifikansi 0,015 < 0,05, 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik materi gelombang mekanik kelas XI MIPA MAN 4 Kediri dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Skripsi 12211183014 Rima Meria Nur Diva
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:50
Last Modified: 17 Jun 2022 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26152

Actions (login required)

View Item View Item