ZULVA DWI NUR ALIMAH, 12201183262 (2022) STRATEGI GURU AL QURAN HADIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi “Strategi Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Zulva Dwi Nur Alimah, NIM 12201183262, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung, Pembimbing Saiful Bahri, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Al-Qur’an Hadis, Kualitas Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa minat belajar peserta didik pada mata pelajaran al-qur’an hadis sangat kurang, karena menganggap pelajaran al-qur’an hadis ini kurang penting. Sehingga guru melaksanakan suatu usaha dan strategi dalam proses mengajar supaya meningkatnya kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Al-Qu’an Hadits dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana Dampak Strategi Guru Al-Qu’an Hadits dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana Hambatan Guru Al-Qu’an Hadits dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekaan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadis yang ada di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek dan peserta didik, sedangkan dari sumber data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecean keabsahan data dengan triangulasi, menggunakan bahan referensi, pengecekan. Hasil dari penelitian ini bahwa: (1) Strategi guru Al Quran hadis dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek adalah dengan menerapkan strategi ekspositori, kooperatif, dalam kegiatan pembelajaran. Pada saat penerapan strategi guru memilih strategi yang cocok sesuai materi pembelajaran dan karakter pesertadidik. (2) Dampak strategi guru Al Quran hadis dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek adalah peserta didik mendapatkan nilai yang memuaskan pada saat ujian PTS, peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal membaca al-qur’an. (3) Hambatan strategi guru Al Quran hadis dalam meningkakan kualitas belajar peserta didik di MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek adalah peserta didik mengantuk atau tidur di kelas, guru ada acara mendadak yang menjadikan pembelajaran dikelas menjadi kosong, peserta didik sulit dalammembaca dan menulis huruf hijaiyyah, peserta didik tidak semangat belajar, kurang tepat saat memilih strategi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Agama > Tafsir Hadist |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 122011 83262 ZULVA DWI NUR ALIMAH |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 12:39 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 12:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26163 |
Actions (login required)
View Item |