SILFIA PUSPITASARI, 12205183013 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa pada Pembelajaran Daring di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Silfia Puspitasari, NIM. 12205183013, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Karakter, Daring, Absen Pembiasaan Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya karakter siswa karena adanya pembelajaran daring, salah satunya berdampak pada karakter kejujuran dan religius siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk pendidikan karakter kejujuran dan religius siswa pada masa pembelajaran daring di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter kejujuran dan religius siswa pada pembelajaran daring di SDI Al Hidayah Samir Tulungagung?. (2) Apa saja faktor pendukung guru dalam membentuk karakter kejujuran dan religius siswa pada pembelajaran daring di SDI Al Hidayah Samir Tulungagung?. (3) Apa saja faktor penghambat guru dalam membentuk karakter kejujuran dan religius siswa pada pembelajaran daring di SDI Al Hidayah Samir Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan: (1) Penerapan strategi yang dilakukan guru SDI Al Hidayah Samir Tulungagung untuk pembentukan karakter kejujuran dan religius meliputi: guru menjadi sosok teladan dengan lisan menggunakan media zoom dan mengarahkan siswa untuk selalu jujur dengan mengirimkan bukti telah mengerjakan tugas, menggunakan pembiasaan sholad dhuha dan hafalan materi plus, memberi teguran dan kunjungan. (2) Faktor pendukung guru dalam menanamkan pendidikan karakter kejujuran dan religius di SDI Al Hidayah Samir Tulungagung meliputi: fasilitas dari sekolah dan video pembelajaran, orang tua yang menjadikan dirinya contoh teladan di rumah dan orang tua mendukung kegiatan sekolah. (3) Faktor penghambat guru dalam menanamkan pendidikan karakter kejujuran dan religius di SDI Al Hidayah Samir Tulungagung meliputi: orang tua kurang meluangkan waktu, peran guru kurang dalam mengawasi dan membimbing siswa, kurangnya sarana dan prasarana, peran media komunikasi berupa handphone dimana masih ada yang belum punya dan faktor terkini yang terjadi dimana kegiatan pembelajaran dilakukan secara online membuat guru kurang leluasa dalam membimbing siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183013 Silfia Puspitasari |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26192 |
Actions (login required)
View Item |