SISKA CHOIRUL NISA, 12204183118 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIBEL (SPLTV) BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (735kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (285kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Kalidawir pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa” ini ditulis oleh Siska Choirul Nisa, NIM. 12204183118, dengan dosen pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan belajar matematika, kemampuan pemahaman konsep, materi sistem persamaan linier tiga variabel. Dalam proses pembelajaran matematika, kesulitan belajar matematika merupakan salah satu penghambat tujuan pembelajaran. Kesulitan belajar matematika atau yang disebut dyscalculia merupakan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik dalam berhitung. Ketidakmampuan tersebut ketika anak tidak mampu menghitung elemen-elemen matematika seperti konsep, ketrampilan, dan pemecahan masalah. Salah satu factor yang sering terjadi karena kurangnya pemahaman konsep matematis siswa. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan kesulitan belajar matematika siswa berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan jenis kesulitan belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Kalidawir pada materi SPLTV berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis, 2) untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswa kesulitan belajar matematika pada materi SPLTV berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis, 3) untuk mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengatasi kesulitan belajar matematika materi SPLTV berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kalidawir dengan mengambil 6 subyek penelitian berdasarkan kategori tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis (tinggi, sedang, rendah) yang setiap kelompok kategori diwakili oleh 2 subyek penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Jenis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Kalidawir pada materi sistem persamaan linier tiga variabel pada kategori kemampuan pemahaman konsep tinggi adalah dyscalculia verbal dan dyscalculia operational, pada kategori kemampuan pemahaman konsep sedang adalah dyscalculia verbal, dan dyscalculia operational, dan pada kategori kemampuan pemahaman konsep rendah adalah dyscalculia pragtognostic, dyscalculia lexical, dyscalculia graphic, dyscalculia indiagnostic, serta dyscalculia operational. (2) Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar matematika meliputi faktor internal yaitu intelegensi, kurangnya minat siswa pada mata pelajaran tertentu, serta rendahnya motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya motivasi dari orang tua. (3) Upaya yang dapat dilakukan siswa untuk mengatasi kesulitan belajar matematika meliputi: bertanya dengan guru terkait materi atau penjelasan yang belum dipahami, membentuk kelompok kecil untuk melakukan diskusi bersama, menonton vidio pembelajaran terkait materi system persamaan linier melalui youtube, belajar dengan lebih giat, berlatih mengerjakan soal-soal yang lebih bervariasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Matematika > Linear Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183118 SISKA CHOIRUL NISA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:22 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26194 |
Actions (login required)
View Item |