Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015

Izza Mahdiyana, Afiyanti (2015) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Negeri Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ngantru Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Izza Mahdiyana Afiyanti, NIM. 3214113091, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) selama ini masih menggunakan model pembelajaran yang umum, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa cepat bosan dan kurang memahami materi. Akibatnya hasil belajar siswa kurang baik. Dengan berorientasi dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Negeri Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru pada materi bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-C MTsN Ngantru dengan jumlah 46 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% dari siswa yang telah mencapai nilai minimum 75. Penerapan model pembelajaran quantum teaching pada materi pokok bangun ruang sisi datar diterapkan dengan tindakan sebagai berikut: kegiatan awal pembelajaran dimulai dengan guru mengucap salam, membaca do’a, memotivasi siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran serta apersepsi terkait materi yang akan disampaikan, kemudian sebagai kegiatan inti guru menjelaskan materi dan menyuruh siswa untuk berdiskusi dengan temannya mengenai materi yang telah dipelajari, kemudian guru memberikan satu soal kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok, bagi kelompok yang berani mengerjakan di depan, maka akan memperoleh penghargaan dari guru. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan mengucap salam dan membaca do’a. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Ngantru pada materi bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat dilihat dari hasil tes yang mengalami peningkatan, pada tes akhir siklus I nilai rata-rata siswa 60 sedangkan pada tes akhir siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 90,33. Selain itu, pada prosentase ketuntasan juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I prosentase ketuntasannya 54,35% sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasannya meningkat menjadi 95,65%. Data tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Izza Mahdiyana Afiyanti
Date Deposited: 25 Nov 2015 02:33
Last Modified: 25 Nov 2015 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item