STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING SISWA PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN

NOVIANA OKTAVIA, 12205173018 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING SISWA PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membimbing Siswa dengan Sistem Pembelajaran Daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran” ini ditulis oleh Noviana Oktavia, NIM 12205173018, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, yang dibimbing oleh Dr. H. Mochammad Arif Faizin, M. Ag., NIP 197608272005011005 Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah yang mewajibkan seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dikarenakan mewabahnya virus Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan secara fisik sebagai upaya pencegahan. Dalam hal ini peneliti berkeinginan untuk meneliti strategi guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran? (2) Bagaimana cara guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran? (3) Bagaimana hambatan guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, ketekunan atau keajekan pengamatan, memperpanjang waktu kehadiran, dan review informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran yaitu dengan memvariasi kegiatan pembelajaran daring dengan memadukan antara tugas untuk ranah kognitif dan psikomotorik yang kemudian ditunjang dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring. 2) Cara guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran adalah dengan menjelaskan secara menyeluruh materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung kegiatan pembelajaran daring. 3) Hambatan guru dalam membimbing siswa dengan sistem pembelajaran daring di MI Manba‟ul „Ulum Buntaran antara lain siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, jika ada materi yang sulit tidak dapat dijelaskan jika hanya menggunakan gawai, memori penyimpanan gawai wali murid penuh, jaringan internet yang kurang lancar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173018 NOVIANA OKTAVIA
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:51
Last Modified: 17 Jun 2022 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26214

Actions (login required)

View Item View Item