PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI PSM PADANGAN NGANTRU

TITA IFANI PRIYADI, 17205163337 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI PSM PADANGAN NGANTRU. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 MI PSM Padangan Ngantru,” ditulis oleh Tita Ifani Priyadi, NIM. 17205163337, Dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci : Group Investigasi, Hasil Belajar Siswa, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena pembelajaran saat ini yaitu siswa terkesan tidak aktif dalam belajar dan konsentrasi siswa belum sepenuhnya tertuju kepada penjelasan materi. Pemilihan metode pembelajaran yang kurang menarik yang membuat siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan siswa merasa bosan karena hanya menerima penjelasan materi dari guru. Permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar matematika kurang memuaskan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran group investigasi yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran matematika kelas 2 di MI PSM Padangan Ngantru?, 2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar afektif pada pembelajaran matematika kelas 2 di MI PSM Padangan Ngantru?, 3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar psikomotorik pada pembelajaran matematika kelas 2 di MI PSM Padangan Ngantru?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran group investigasi dan konvensional, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran group investigasi terhadap hasil belajar matematika, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran group investigasi terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni. Dengan model pembelajaran group investigasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas II-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 siswa dan kelas II-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 14 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test, uji t-test serta penghitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigasi rata-rata 78,24 diatas KKM lebih baik dari model pembelajaran konvensional. (2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran group investigasi terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: S1 17205163337 TITA IFANI PRIYADI
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:45
Last Modified: 21 Jun 2022 05:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26222

Actions (login required)

View Item View Item