PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI DI MIN 5 NGANJUK

KHOIRUN NIKMATUL IZZAH A.M, 12205183315 (2022) PERAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI DI MIN 5 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Kelas dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi di MIN 5 Nganjuk” ini ditulis oleh Khoirun Nikmatul Izzah A.M, NIM. 12205183315, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kuci: Peran Guru, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru kelas yang sangat penting dalam proses pembelajaran tematik untuk memajukan dunia pendidikan. Hal ini terlihat pada masa pandemi peran guru sangat terbatas karena pembelajaran tatap muka yang beralih menjadi pembelajaran daring. Perubahan besar tersebut memerlukan penyesuaian oleh pendidik dan peserta didik, yaitu dengan menyesuaikan metode belajar dan mengajarnya dengan pembelajaran yang baru. Oleh sebab itu guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru kelas sebagai fasilitator dalam pembelajaran tematik semasa pandemi di MIN 5 Nganjuk? 2) Bagaimana peran guru kelas sebagai innovator dalam pembelajaran tematik semasa pandemi di MIN 5 Nganjuk? 3) Bagaimana peran guru kelas sebagai motivator dalam pembelajaran tematik semasa pandemi di MIN 5 Nganjuk. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai fasilitator dalam pembelajaran tematik semasa pandemi di MIN 5 Nganjuk. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai innovator dalam pembelajaran tematik semasa pandemi di MIN 5 Nganjuk. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai motivator dalam pembelajaran tematik semasa pandemi di MIN 5 Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut: 1) jenis atau pola penelitian kualitatif deskriptif, 2) sumber data: data primer dan data sekunder, 3) teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, 4) teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Peran guru memang sangatlah penting apalagi di masa pandemi saat ini. Salah satu peran guru yaitu sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator harus memiliki sikap yang baik, pemahaman terhadap peserta didik melalui kegiatan dalam pembelajaran dan memiliki kompetensi dalam menyikapi perbedaan individual peserta didik. Pada masa pandemi guru kelas di MIN 5 Nganjuk ini sudah menerapkan perannya sebagai fasilitator. Hal ini terlihat dari beberapa guru di MIN 5 Nganjuk sudah memberikan fasilitas kepada siswa seperti media pembelajaran agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan.2) Peran guru dalam pembelajaran tematik pada masa pandemi ini tidak hanya sebagai fasilitator saja namun juga harus berperan sebagai innovator. Hal tersebut diterapkan agar pembelajaran pada masa pandemi ini menjadi menarik apalagi jika pembelajaran daring. Dengan diterapkannya peran guru sebagai innovator menjadikan guru di MIN 5 Nganjuk bertalenta dalam pelajaran tematik. 3)peran guru kelas sebagai motivator di MIN 5 Nganjuk ini sudah diterapkan setiap hari pada saat pagi sebelum memulai pembelajaran atau diakhir pembelajaran. peran guru sebagai motivator ini sangatlah penting apalagi pada saat pandemi, mengingat pembelajaran tatap muka yang beralih online menjadikan siswa tidak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi menurun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183315 KHOIRUN NIKMATUL IZZAH A.M
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:51
Last Modified: 17 Jun 2022 08:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26225

Actions (login required)

View Item View Item