PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Blitar)

SINDY PRADYA ARWANDA, 12403183250 (2022) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Blitar)” yang ditulis oleh Sindy Pradya Arwanda, NIM 12403183250, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, pembimbing Novi Khoiriawati, S.E., M.Acc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan masyarakat kepada pemerintah dalam bentuk pertanggungjawaban atas apa yang telah dikelola oleh pemerintah. Pertanggungjawaban ini dalam bentuk akuntabilitas kinerja. Pada penilaian akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada Pemerintah Kota Blitar mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2017 sampai dengan 2020, tentunya hal ini terjadi karena adanya beberapa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya sistem pengendalian internal yang optimal, pemahaman sumber daya manusia dalam perumusan akuntabilitas kinerja instansi, dan teknologi informasi yang dikelola dengan baik sehingga dapat membantu dalam peningkatann akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (4) Untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal, kualitas sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling berupa teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu seluruh pegawai Organisasi Perangkat Daerah Kota Blitar yang telah memenuhi kriteria dan diukur menggunakan skala likert. Dengan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (2) Kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (3) Pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. (4) Sistem pengendalian internal, kualitas sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Kata Kunci: sistem pengendalian internal, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Kinerja
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183250 SINDY PRADYA ARWANDA
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:33
Last Modified: 17 Jun 2022 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26236

Actions (login required)

View Item View Item