FAIZATUL UHRO, 12205183021 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (349kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Faizatul Uhro, NIM. 12205183021, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata kunci : Kreativitas Guru, Pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika karena dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga diperlukan kreativitas seorang guru dalam mengajar, seperti kreativitas seorang guru dalam menerapkan metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar. Dengan kreativitas tersebut siswa akan lebih tertarik dan antusias untuk belajar matematika sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran matematika kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung ? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran matematika kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung ? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan sumber belajar pembelajaran matematika kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran matematika kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran matematika kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung, (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan sumber belajar pembelajaran matematika kelas 5 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, lokasi penelitian ini di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan temuan dengan empat kriteria yaitu kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) kreativitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran adalah dengan tidak hanya menggunakan satu metode saja melainkan di kombinasikan, pemilihan metode pembelajaran di sesuaikan dengan materi dan kondisi kelas pada saat pembelajaran. (2) kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran adalah dengan menggunakan media yang beragam dan disesuaikan dengan materi dan kondisi kelas, sehingga dapat menarik perhatian siswa dan lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan. (3) kreativitas guru dalam menerapkan sumber belajar adalah dengan menggunakan sumber belajar yang bervariasi dan dikembangkan dengan baik, pemilihan sumber belajar berdasarkan kriteria pemilihan yang sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183021 FAIZATUL UHRO |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:40 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26240 |
Actions (login required)
View Item |