ESTERLINA, 12205183009 (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ETIKA DAN MORAL SISWA KELAS 2 MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Mengembangkan Etika dan Moral Siswa Kelas 2 Melalui Pembelajaran Tematik di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Esterlina, NIM 12205183009, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Imam Fu’adi, M. Ag. Kata kunci: Peran Guru Dalam Mengembangkan Etika dan Moral Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Dalam Mengembangkan Etika dan Moral Siswa Kelas 2 Melalui Pembelajaran Tematik di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Peran seorang guru sangatlah penting dan berpengaruh pada peserta didik dan guru sangat berperan utama di dalam proses pembelajaran khususnya dalam mengembangkan etika dan moral siswa. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode guru dalam mengembangkan etika dan moral siswa kelas 2 melalui pembelajaran tematik di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi guru dalam mengembangkan etika dan moral siswa kelas 2 melalui pembelajaran tematik di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana penilaian etika dan moral siswa kelas 2 yang dilakukan oleh guru di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif deskriptif. Sumber data Penelitian ini di ambil dari observasi, wawancara dan Dokumentasi, Analisis data Pada penelitian ini menggunakan reduksi data dan Penyajian data. Hasil penelitian ini adalah: (1) menjadikan mata pelajaran PPKN dan IPS yang ada di tematik sebagai pedoman. (2) MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung memiliki metode khusus yang memfokuskan pada tata cara berkomunikasi yang baik melalui pembenaran kosa kata yang sudah tercampur dengan bahasa sosial media yang tidak benar (3) guru menggunakan metode Pendidikan preventif. (4) guru menggunakan metode yang menyenangkan saat pembelajaran (5) guru memberikan contoh tindakan sebelum memerintah siswa seperti turut melakukan kegiatan piket kelas. (6) guru menerapkan kepribadian disiplin dan tanggung jawab sesuai dengan peranya sebagai pendidik. (7) guru turut menerapkan penggunaan bahasa komunikasi yang baik di era digital. (8) guru memberikan prinsip kepada siswa bahwa segala perbuatan akan mendapatkan balasan yang setimpal (9) disiplin dan tanggung jawab menjadi prioritas guru dalam menilai etika dan moral siswa (10), menggunakan RPP dan unjuk kerja sebagai format penilaian etika dan moral siswa yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan kelulusan siswa (11) setelah melakukan penilaiain, sekolah akan melakukan evaluasi menggunakan tiga cara yakni evaluasi antar guru, evaluasi guru dengan wali siswa, evaluasi dengan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183009 ESTERLINA |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:37 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26242 |
Actions (login required)
View Item |