KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK di SMPN 1 TRENGGALEK

CHOFIFAH QIROATUL FAUZI, 12201183156 (2022) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK di SMPN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Chofifah Qiroatul Fauzi, NIM. 12201183156 dan dibimbing oleh Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Kompetensi Guru PAI, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia yaitu masih lemahnya kompetensi yang dimiliki oleh beberapa guru di Indonesia. Masih banyaknya guru yang belum kompeten dalam bidangnya dapat berdampak kurang baik terhadap keberlangsungan pembelajaran, yaitu diantaranya dapat menurunkan motivasi belajar peserta didik yang juga akan berimplikasi pada penurunan hasil belajar peserta didik. Guru yang kurang berkompeten mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan dapat menurunkan minat belajar peserta didik. Apabila hal ini terus terjadi, maka tujuan dan kualitas pendidikan akan sulit tercapai. Maka sangat diperlukan peningkatan kualitas pendidikan salah satunya melalui peningkatan kualitas mutu pendidik dan calon pendidik, termasuk juga guru dan calon guru pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Trenggalek? (4) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Trenggalek? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan sumber data utama adalah guru PAI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lokasi penelitian di SMPN 1 Trenggalek. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian yaitu: (1) Guru PAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Trenggalek melalui kompentensi pedagogik dilakukan dengan cara menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran, memahami karakter dan kemampuan peserta didik, dan mengelola pembelajaran secara efektif. (2) Melalui kompetensi kepribadian dengan cara membiasakan peserta didik untuk melakukan kebaikan dan memberikan contoh (suri teladan)kepada peserta didik melalui keteladanan dalam melaksanakan salat berjamaah, salat sunnah, berpakaian rapi dan bersikap sopan, ramah dan lembut dalam bertutur kata, disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. (3) Melalui kompetensi sosial dengan cara menjalin interaksi dan komunikasi secara baik dengan peserta didik seperti dengan pemberian apresiasi dan perhatian kepada peserta didik, wali/orang tua peserta didik melalui komunikasi formal dan nonformal, sesama guru melalui kegiatan diskusi, sharing dan bertukar pikiran, dan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan kontribusi peserta didik didalamnya. (4) Melalui kompetensi profesional dengan cara meningkatkan penguasaan dan pengetahuan materi ajar, penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi, dan meningkatkan kemampuan keprofesiannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183156 CHOFIFAH QIROATUL FAUZI
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:15
Last Modified: 17 Jun 2022 09:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26248

Actions (login required)

View Item View Item