STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN USAHA JASA PENGIRIMAN SAPTA EXPRESS TULUNGAGUNG DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSFEKTIF MANAJEMEN SYARIAH

OKTAVIA PUTRI KHARISMA, 12405183031 (2022) STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN USAHA JASA PENGIRIMAN SAPTA EXPRESS TULUNGAGUNG DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSFEKTIF MANAJEMEN SYARIAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dan Pengembangan Usaha Jasa Pengiriman Sapta Express Tulungagung di Masa Pandemi Covid-19 dalam Persfektif Manajemen Syariah” ini ditulis oleh Oktavia Putri Kharisma, NIM. 12405183031, pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 dimana banyak ditemukan usaha-usaha yang tutup bahkan sampai gulung tikar namun hal ini berbanding terbalik dengan Sapta Express Tulungagung yang justru memberanikan diri untuk merintis sebuah usaha jasa pengiriman barang maupun dokumen. Strategi pemasaran menjadi salah satu indikator penting dalam keberhasilan suatu bisnis, dengan kata lain jika suatu perusahaan strategi pemasarannya baik maka akan terjadi peningkatan dalam hal volume penjualan dan otomatis keuntungan atau laba yang didapatkan juga ikut meningkat. Jika pemasaran suatu perusahaan baik maka akan sangat berpengaruh dalam proses pengembangan usaha. Sehingga masing-masing perusahaan diharuskan untuk menerapkan strategi-strategi terbaiknya agar eksistensi perusahaan tetap baik menginggat pada saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Fokus penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Sapta Express Tulungagung selama masa pandemic Covid-19? 2) Bagaimana pengembangan usaha yang dilakukan oleh Sapta Express Tulungagung pada masa pandemi Covid-19? 3) Bagaimana strategi pemasaran dan pengembangan usaha Sapta Express Tulungagung dalam persfektif manajemen syariah? Jenis dari penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kegiatan dokumentasi serta untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan menganalisa data-data yang diperoleh dengan cara didiskripsikan, dijelaskan, diceritakan maupun dipaparkan sehingga output yang dihasilkan berupa kata-kata atau tulisan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Sapta Express Tulungagung menggunakan tujuh unsur bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik. 2) Dalam hal pengembangan usaha Sapta Express melakukan empat cara yaitu perluasan skala usaha, perluasan cakupan usaha, perluasan kualitas produk dan layanan serta pemanfaatan teknologi. 3) Strategi pemasaran dan pengembangan usaha Sapta Express Tulungagung dalam persfektif manajemen syariah sudah menerapkan beberapa nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran islam seperti kejujuran, saling menghormati, amanah (bisa dipercaya) dan saling tolong menolong dalam hal kebaikan. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Pengembangan Usaha, Pandemi Covid-19, Persfektif Manajemen Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405183031 Oktavia Putri Kharisma
Date Deposited: 17 Jun 2022 15:12
Last Modified: 17 Jun 2022 15:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26289

Actions (login required)

View Item View Item