IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek)

IMROATUS SIIINDAFULKUSNA, 12201183196 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Pendidikan Inklusi Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. (Studi kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek)” ini ditulis oleh Imroatus Siiindafulkusna, NIM. 12201183196, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Pendidikan Inklusi, Sikap Toleransi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak yang berkebutuhan khusus namun sekolah di sekolah formal umum. Hal tersebut membuat peneliti merasa ingin tau sehingga penelitian ini membahas tentang Implementasi Program Pendidikan Inklusi Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. (Studi kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Trenggalek). karena mau bagaimanapun juga pendidikan sangat penting bagi seorang anak baik anak normal ataupun yang berkebutuhan khusus. Sehingga hal ini perlu dikaji lebih dalam karena ternyata tidak semua sekolah menerapkan pendidikan inklusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi (1) Bagaimana Mekanisme Implementasi program pendidikan inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek, (2) Bagaimana Bentuk Kegiatan Implementasi program pendidikan inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek, (3) Bagaimana Hasil Implementasi program pendidikan inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan, peneliti menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini meliputi (1 ) Mekanisme Implementasi Program Pendidikan Inklusi meliputi (a) Perencanaan Program Pendidikan Inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi (penyusunan program, standar yang akan di berikan,pemilihan metode, penerapan target, tenaga pendidik/ guru, pembuatan program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran). (b) Pelaksanaan Prigram Pendidikan Inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi (waktu kegiatan pembelajaran, Standar yang di pakai ketika pembelajaran, mengintegrasikan materi toleransi, penerapan metode). (c) Evaluasi Program Pendidikan Inklusi dalam menumbuhkan sikap toleransi (review materi yang sudah di ajarkan, ualangan harian, evaluasi setiap akhir pembelajaran, ulangan semester). (2) Bentuk Kegiatan Implementasi Program Pendidikan Inklusi meliputi (a) Adanya kebiasaan seluruh siswa SMAN 2 Trenggalek yaitu Qotmil Quran setiap seminggu sekali. (b) Dalam pengelolahan kelas guru mengatur suara, pemberian penguat dalam belajar, umpan balik, serta kesesuaian materi. (c) Guru mengajarkan semua siswa bersikap sopan santun, disiplin dan membiasakan siswa untuk memulai sesuatu dengan doa. (d) Guru PAI selalu menyapa siswa inklusi secara langsung dengan mendatangi bangku ABK tersebut. (e) Penyampaikan teori atau bahan ajar siswa dengan menjelaskan materi dan menghubungkannya dengan sikap toleransi. (f) Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan motivasimotivasi peserta didik yang dikaitkan dengan bab materi pada hari itu. (3) Hasil Implementasi Program Pendidikan Inklusi meliputi (a) Hasil penilaian siswa dilihat dari beberapa aspek, tidak hanya dari hasil ulangan siswa. (b) Rata-rata nilai siswa inklusi malah lebih bagus dari teman-temannya yang lain. (c) Hasil penerapan sikap toleransi yang diberikan kepada siswa baik yang inklusi dan non inklusi dapat berjalan dengan baik. (d) Dari hasil pembelajaran yang sudah di peroleh tentunya tetap ada sebuah kekurangan yang harus dievaluasi. (e) Guru PAI selalu memberikan evaluasi pembelajaran pada hari itu di akhir pembelajaran yang juga berkaitan dengan sikap toleransi. (f) Evaluasi guru lebih condong ke bahan ajar untuk menunjang pembelajaran pada siswa inklusi supaya bisa beriringan dengan siswa yang normal. (g) Evaluasi dilakukan setiap akhir semester yang dilihat berdasarkan hasil penilaian siswa. (h) Dalam evaluasi ketika menilai sikap harus memfokuskan pada sikap toleransinya, ketika penilaian akademik dilihat dari seberapa pengetahuan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183196 IMROATUS SIIINDAFULKUSNA
Date Deposited: 17 Jun 2022 15:24
Last Modified: 17 Jun 2022 15:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26293

Actions (login required)

View Item View Item