STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS PSM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RIKA SEPTIANI, 12201183045 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS PSM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Rika Septiani, 12201183045, Strategi Guru Tahfidz Al-Qur’an Di Mts Rejotangan Tulungagung Terhadap Pembentukan Karakter Siswa, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Suwanto, M.S.I. Kata kunci: Karakter, Tahfidz Al-Qur’an, Strategi Guru. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi implikasi daripada strategi guru tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa di Mts PSM Rejotangan Tulungagung. Mengigat bahwa tujuan fundamental dari pendidikan islam yaitu menjadikan islam yang rahmatal lil alamain dengan membangun akhlak dan perabdaban yang agung. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 30. Hal ini kemudian memiliki koherensi dengan visi Mts PSM Rejotangan Tulungagung untuk bisa unggul dalam bidang karakter dan ibadah berdasarkan Al-Qur’an. Fokus dalam penelitian ini didasarkan pada paradigma tiga rumusan masalah yaitu Bagaimana strategi guru tahfidz Al-Qur'an dalam membentuk karakter siswa di MTs Psm Rejotangan Tulungagung. Bagaimana faktor penghambat dan pendukung strategi guru tahfidz Al-Qur'an dalam membentuk karakter siswa di MTs Psm Rejotangan Tulungagung. Kemudian bagaimana implikasi strategi guru tahfidz Al-Qur'an dalam membentuk karakter siswa di MTs Psm Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sedangkan teknnik pengumpulan datanya mengunakan cara observasi, wawancara secara terstruktur dan dokmentasi. Peneliti dalam hal ini menemukan beberapa fakta penelitian dan hasil daripada penelitian ini adalah bahwa guru tahfidz di Mts PSM Rejotangan Tulungagung mengunakan metode tasmi’, jama’ dan murajaah. Selain itu, juga terdapat berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha, sholat tahajud, yasin tahlil, dan memberikan hukuman yang mendidik bagi siswa yang tidak melaksanakan kegiatan. Sedangkan faktor pendukung seperti pengaruh lingkungan pondok pesantren, inisiatif atau motiavasi intern peserta didik dan dukungan orang tua. Penghambatnya ada pada kurangnya waktu dalam siklus pembelajaran di sekolah. Impilikasi dari metode yang ada menghasilkan siswa yang berkarakter religius, disiplin, sabar dan bertanggungjawab serta berakhlak sopan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183045 RIKA SEPTIANI
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:39
Last Modified: 04 Jul 2022 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26295

Actions (login required)

View Item View Item