EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII A MTSN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

ERIKA AGUSTINA, 12210173017 (2022) EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII A MTSN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Agustina, Erika. 2021. Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran menulis teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII A MTsN 6 Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Mind Mapping, Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Suasana pembelajaran keterampilan menulis yang menarik dan efektif diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selama ini pembelajaran menulis cenderung dilaksanakan secara monoton. Keterampilan menulis perlu dikuasai oleh peserta didik sedini mungkin, terutama dalam kurikulum 2013 yang berbasis teks. Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik pada satuan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama kelas VIII yaitu pembelajaran menulis teks eksposisi. Dalam pembelajaran diperlukan motode pembelajaran yang mampu membangkitkan semangat dan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan metode Mind Mapping diuji keefektifannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas metode mind mapping terhadap pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII-A MTsN 6 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas metode mind mapping terhadap pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII-A MTsN 6 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test only. Populasi penelitian, yaitu kelas VIII-A MTsN 6 Tulungagung. Sampel penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas VIII-A dengan jumlah 21 anak untuk dilakukan pre-test, dan post-test. Sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh karena populasi relatif kecil, dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang dilakukan yaitu pre-tes dan pos-tes menulis teks eksposisi. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 22 for windows. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diajukan, hasil penelitian, yaitu terdapat keefektivan yang positif dan signifikasi antara penerapan metode Mind Mapping dengan pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji paired sampel t-tes Asymp. Sig<0,05 dengan nilai sebesar 0,039<0,05, maka hipotesis diterima. Nilai 0.05 didapat karena peneliti menggunakan keakuratan 5% =0,05. Efektivitas menulis teks eksposisi pre-tes (tanpa menggunakan metode), dan pos-tes (menggunakan metode Mind Mapping) di kelas VIII-A MTsN 6 Tulungagung. Nilai rata-rata hasil belajar menulis teks eksposisi pre-tes sebesar 71,66, dan pos-tes sebesar 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pos-tes (tes menerapkan metode Mind Mapping) lebih efektiv dibandingkan pre-tes (tes dengan pembelajaran konvensional).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173017 Erika Agustina
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:55
Last Modified: 27 Jun 2022 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item View Item