“KORELASI ANTARA KREATIVITAS GURU PAI DAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TAHUN 2014/2015”

NURJANNAH, BINTI (2015) “KORELASI ANTARA KREATIVITAS GURU PAI DAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TAHUN 2014/2015”. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian AWAL.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
03. BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
04. BAB IV baru 1.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
05. BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Korelasi antara Kreativitas Guru PAI dan Kemampuan Mengelola Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun 2014/2015” ini ditulis oleh Binti Nurjannah, NIM. 3211113048, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Asrof Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pengelolaan Kelas, Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam proses belajar mengajar karena guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah korelasi antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun 2014/2015? (2) Adakah korelasi antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun 2014/2015? (3) Adakah korelasi antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun 2014/2015?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui korelasi antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun 2014/2015 (2) Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun 2014/2015 (3) Untuk mengetahui korelasi antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun 2014/2015. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi Guru, sebagai bahan masukan bagi guru PAI, khususnya di SMP Negeri 2 Sumbergempol agar selalu meningkatkan kreativitas mengajarnya dalam proses pembelajaran di kelas dan mampu mengelola kelas dengan baik dan benar, agar tercipta suasana yang kondusif sehingga pada akhirnya siswa memperoleh prestasi belajar PAI yang tinggi, bagi Penulis sebagai penerepan ilmu pengetahuan yang penulis peroleh serta untuk menambah pengalaman dan wawasan baik dalam bidang penelitian pendidikan maupun penulisan karya tulis. Dalam penelitian ini, yang dijadikan populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol yang berjumlah 240 siswa. Selanjutnya diambil sampel 15 % dari keseluruhan jumlah populasi, sehingga diperoleh 36 siswa sebagai responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuisioner dengan sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Sebelum instrumen diujikan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, sehingga instrumen yang diujikan benar-benar valid dan reliabel. Data pendukung yang lain diperoleh dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar PAI siswa, yaitu diketahui r X2Y = 0,437 dengan taraf signifikansi 5% (r tabel = 0,05) artinya semakin tinggi tingkat kreativitas guru PAI maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar PAI siswa, yaitu diketahui r x2y = 0,399 dengan taraf signifikansi 5% (r tabel = 0,05) artinya semakin tinggi tingkat kemampuan mengelola kelas maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (3) Sebagai jawaban hipotesis yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar PAI siswa. Hasil ini dapat dilihat dari nilai uji F yaitu 4,484 dengan taraf signifikansi 0,05 (F tabel = 3,28), artinya semakin tinggi tingkat kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: BINTI NURJANNAH
Date Deposited: 17 Nov 2015 04:46
Last Modified: 17 Nov 2015 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item