STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 DI MI MIFTAHUL HUDA JAMBEWANGI BLITAR

SABRINA ANISA PUTRI, 12205183176 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 DI MI MIFTAHUL HUDA JAMBEWANGI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran Tematik Kelas 4 di MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ini di tulis oleh Sabrina Anisa Putri, NIM. 12205183176, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Mengelola Kelas, Iklim Belajar, Disiplin Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Sebuah kondisi belajar yang optimal akan dicapai jika guru mampu mengatur peserta didik dan sarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru membutuhkan keterampilan pengelolaan kelas agar tercipta kondisi belajar yang kondusif. Oleh karena itu peneliti mengkaji sebagaimana strategi guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik kelas 4 di MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menata ruang kelas pada pembelajaran tematik kelas 4 di MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif pada pembelajaran tematik kelas 4 di MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar? (3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 4 di MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penetian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam menata ruang kelas pada pembelajaran tematik kelas 4 yaitu pertama, menata tempat duduk siswa dengan menggunakan tiga formasi yaitu, formasi “U’, kelompok, dan tradisional. Kedua, menata alat-alat pengajaran meliputi penataan alat peraga, media pengajaran, perpustakaan kelas (pojok baca), dan papan presensi siswa. Ketiga, menata keindahan dan memelihara kebersihan ruang kelas meliputi penataan hiasan dinding, lemari, portofolio siswa, dan mading kelas. Keempat, pengaturan ventilasi dan pencahayaan kelas. (2) Strategi guru dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif pada pembelajaran tematik kelas 4 yaitu sebelum memulai pelajaran guru bersikap ramah dengan siswa, guru memberi motivasi untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran, guru berusaha untuk menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, guru memberi ice breaking, menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran, dan media pembelajaran, guru memberi penghargaan kepada siswa, memberi peringatan, memberi perhatian terhadap siswa, guru sangat antusias mengajar siswa kelas 4, guru menciptakan atmosfer kerjasama dengan siswa, dan guru mengatasi apabila terjadi kegaduhan di dalam kelas. (3) Strategi guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 4 yaitu pembiasaan, memberi teladan atau contoh, penyadaran, menerapkan peraturan, hukuman, dan penghargaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183176 Sabrina Anisa Putri
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:44
Last Modified: 23 Jun 2022 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26335

Actions (login required)

View Item View Item