RENITA KUSUMA NINGRUM, 12205183265 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (586kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (747kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (268kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (50kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
Abstract
Skripsi ditulis oleh Renita Kusuma Ningrum, NIM. 12205183265, 2022 dengan judul “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik (Studi Kasus di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung)”. Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Tematik dan Keterampilan Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan keterampilan sosial bagi peserta didik terlebih dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran peserta didik yang kurang aktif dalam berinteraksi sosial perlu untuk diberi dukungan dan motivasi guna mengembangkan keterampilan sosialnya. Oleh karena itu peneliti beranggapan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik diharapkan mampu untuk menarik perhatian peserta didik sehingga tujuan dari pembelajaran tercapai serta dapat mengembangkan keterampilan sosial peserta didik guna menjadi bekal hidup bermasyarakat dikemudian hari. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran tematik untuk mengembangkan keterampilan sosial kerja sama peserta didik ? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran tematik untuk mengembangkan keterampilan sosial toleransi peserta didik? (3) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran tematik untuk mengembangkan keterampilan sosial komunikasi peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas 1a dan 1b, serta peserta didik kelas 1a dan 1b. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi guru dalam pembelajaran tematik untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik dilakukan dengan cara (1) penggunaan kurikulum 2013 sebagai landasan dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, (2) menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan kontekstual mampu melatih perkembangan keterampilan sosial peserta didik, (3) memberi nasihat, motivasi dan pemahaman perilaku antisosial dalam proses pembelajaran, serta menerapkan sifat keteladananan oleh guru sebagai contoh yang real bagi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183265 RENITA KUSUMA NINGRUM |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:04 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26342 |
Actions (login required)
View Item |