STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PGRI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

NEILA PUTRI PRIANDIKA, 12201183146 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PGRI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (785kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Neila Putri Priandika, NIM 12201183146, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan pemerintah terkait pendidikan inklusi dimana siswa berkebutuhan khusus bisa bersekolah di sekolah umum bersama siswa normal lainnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa sebagian guru merasa kesulitan dan belum siap mengajar ABK karena kurangnya pemahaman mereka terkait prinsip dasar pendidikan khusus. Cara mengajar yang tidak sesuai bisa menyebabkan ABK semakin memberontak dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di SLB tenaga pendidiknya di dominasi oleh guru-guru lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang paham akan prinsip dasar pendidikan khusus. Oleh sebab itu pendidikan bagi ABK di SLB lebih tersistem dan lebih merangkul untuk ABK itu sendiri. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian isi pembelajaran pendidikan agama Islam pada ABK di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung (2) Bagaimana strategi penyampaian materi pembelajaran Pendidikan agama Islam pada ABK di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung (3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan agama Islam pada ABK di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung (4) Bagaimana hasil pembelajaran Pendidikan agama Islam pada ABK di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan serta, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengorganisasian isi pembelajaran berupa penyesuaian durasi pembelajaran dan juga pengaturan materi pembelajaran yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik; (2) penyampaian materi pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa dengan menggunakan metode bermain, bernyanyi, bercerita dan metode pengulangan. Sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik mengajar individual; (3) pengelolaan pembelajaran di kelas dilakukan dengan cara memperbanyak interaksi dengan siswa serta bersikap penuh perhatian kepada siswa dengan tidak pernah mengkasarinya; (4) hasil pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung menunjukkan bahwa siswa memiliki antusias yang tinggi dalam belajar pendidikan agama Islam serta memiliki sikap ramah dan sopan pada sesamanya. Beberapa siswa sudah mulai bisa membaca al-Quran dan menghafal surat-surat pendek serta doa sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183146 Neila Putri Priandika
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:01
Last Modified: 23 Jun 2022 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26346

Actions (login required)

View Item View Item