AULIA NABILA, 12201183227 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SDIT Ibadurrahman Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa. (Studi Kasus di SDIT Ibadurrahman Blitar)”, ini ditulis oleh Aulia Nabila, NIM. 12201183227, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd. I. Kata Kunci: Program Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Penelitian ini membahas terkait dengan pembentukan karakter siswa melalui program tahfidz Al-Qur’an yang dilakukan di SDIT Ibadurrahman Blitar. Dilatar belakangi oleh pengaruh perkembangan zaman yang semakin pesat, yang telah memberikan dampak kepada anak-anak pada zaman sekarang. Dampak tersebut dapat berpengaruh positif maupun negatif, sehingga perlu adanya pembentukan karakter pada diri anak dalam membentengi pergaulan dan perilaku mereka. Pembentukan karakter merupakan sesuatu yang perlu dilakukan untuk dapat mencetak akhlak yang baik pada anak. Dalam membentuk karakter pada siswa perlu adanya pembiasaan yang harus dilakukan, sehingga dengan begitu siswa akan dapat terbiasa melakukan sesuatu dengan sendirinya. Melalui pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang dilakukan dengan membiasakan mendekatkan siswa kepada Al-Qur’an untuk dapat memberikan perubahan kepada siswa, sehingga dapat terbiasa melakukan perilaku-perilaku yang baik. Fokus dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana mekanisme pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa, (2) Bagaimana aktivitas pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa, (3) Bagaimana hasil pelaksanaan program tahfidz Al -Qur’an dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di SDIT Ibadurrahman Blitar berkaitan dengan program tahfidz Al-Qur’an. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, koordinator Al-Qur’an, guru tahfidz Al-Qur’an, dan siswa. Dalam pelaksanaan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triagulasi, member check, kemudian melakukan pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian conformability. Hasil dari penelitian skripsi ini meliputi: (1) Mekanisme pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa melalui (a) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an (tujuan tahfidz Al-Qur’an, standar operating procedure persiapan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, pemilihan metode pembelajaran, penetapan target, tenaga pendidik/guru tahfidz Al-Qur’an, pembuatan program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al - Qur’an), (b) Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an (waktu kegiatan pembelajaran, standar operating procedure tahfidz Al-Qur’an, penerapan metode), (c) Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an (setor hafalan setiap pekan, setor hafalan setiap satu surat, setor hafalan setiap tengah semester dan akhir semester, setor hafalan setiap satu juz (imtihan), munaqasyah). (2) Aktivitas pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa melalui (a) Kegiatan pembukaan tahfidz Al-Qur’an (mengucapkan salam, membaca surat Al-Fatihah, membaca doa sebelum belajar), (b) Kegiatan inti tahfidz Al-Qur’an (murojaah secara bersama, melakukan hafalan, menyetorkan hafalan), (c) Kegiatan penutup tahfidz Al-Qur’an (membaca hamdalah, membaca surat Al-‘Asr, membaca doa sesudah belajar dan doa pulang). (3) Hasil pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dapat membentuk karakter siswa yang meliputi karakter (a) disiplin, (b) tanggung jawab, (c) peduli, (d) sopan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183227 AULIA NABILA |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:20 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26432 |
Actions (login required)
View Item |