RIZKA AMALIA SHOLIHAH, 12205183056 (2022) IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (962kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Implementasi Model Blended Learning pada Pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Rizka Amalia Sholihah NIM 12205183056 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci : Blended Learning, Pembelajaran Tematik Tahun 2020 dunia diguncangkan dengan adanya virus covid-19 yang membahayakan bagi manusia. Semua kegiatan saat ini dari berbagai sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan mulai dibatasi. Kondisi pandemi saat ini mewajibkan semua masyarakat melakukan kegiatan dirumah saja. Peraturan tersebut juga berlaku pada aktifitas di sekolah, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah pandemi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan pembelajaran blended learning pada mata pelajaran tematik di MIN 4 Tulungagung. Penerapan pembelajaran di MIN 4 Tulungagung dilaksanakan secara daring untuk mengantisipasi melonjaknya angka korban covid-19 di Indonesia khususnya di daerah Tulungagung. Model pembelajaran yang sering dipakai di MIN 4 Tulungagung dalam pembelajaran daring adalah model pembelajaran blended learning. Pemilihan model pembelajaran blended learning ini merupakan salah satu model pembelajaran yang dirasa cukup sesuai dengan situasi dan kondisi pandemi. Fokus penelitian yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam implementasi model pembelajaran tematik blended learning pada tahap self peace di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran tematik blended learning di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik blended learning yang di implementasikan di MIN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian Implementasi Pembelajaran Blended Learning pada Mata PelajaranTematik di MIN 4 Tulungagung : (1) Guru telah membuat perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013, (2) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran blended learning pada mata pelajaran tematik di MIN 4 Tulungagung sudah dilakukan secara baik dan sesuai dengan RPP serta tetap menjaga protokol kesehatan,(3) Evaluasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran tematik di MIN 4 Tulungagung menggunakan penilaian berupa tes dan non tes mulai dari penilaian sikap, pengetahuan serta ketrampilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183056 RIZKA AMALIA SHOLIHAH |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:27 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26443 |
Actions (login required)
View Item |