NABELA FITRA NURLAILI, 12201183017 (2022) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Siswa di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Nabela Fitra Nurlaili, NIM. 12201183017, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Suwanto, M.S.I. Kata Kunci: Peran Guru, Aqidah Akhlak, Membentuk Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena melonjaknya perkembangan di era digital, sehingga menyebabkan peserta didik mudah terpengaruh bahkan mengalami penurunan akhlak. Baru-baru ini seperti remaja yang menjadi topik di dunia maya karena kebodohannya, siswa yang gemar berbohong, tidak jujur untuk menutupi kesalahannya, kurangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, menatap guru kurang sopan, bahkan mereka sekarang dengan bangga menggunakan bahasa yang buruk dan kurang sopan. Melihat kondisi remaja saat ini sangat disayangkan dan harus segera diperbaiki. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pembentukan akhlak melalui keteladanan dan pembiasaan sehari-hari. Pembentukan akhlak di MAN 1 Trenggalek melalui peran guru aqidah akhlak dengan tujuan membantu membentuk, menanamkan dan meningkatkan akhlak siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak di MAN 1 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Aqidah Akhlak dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perecanaan guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MAN 1 Trenggalek mengacu pada Buku kompetensi keagamaan siswa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MAN 1 Trenggalek yaitu: a) Mengajarkan keteladanan yang dilakukan pendidik dengan cara memberi contoh langsung kepada peserta didik melalui ucapan dan tindakan, b) Dengan pembiasaan yaitu upaya yang dilakukan dengan cara menciptakan kondisi yang mengharuskan peseta didik melakukan kegiatan yang telah diwajibkan dalam kehidupan sehari-hari seperti membaca Al-qur’an dan menghafal doa-doa dan surat-surat didalam Al-qur’an. (3) Evaluasi guru aqidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MAN 1 Trenggalek yaitu: dengan evaluasi yang berisikan tentang penilaian afektif, yang dikhususkan dalam pembelajaran aqidah akhlak menggunakan tes, fortofolio dan proyek/video dengan mengedepankan ketrampilan, pengetahuan dan sikap peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183017 NABELA FITRA NURLAILI |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 02:50 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26447 |
Actions (login required)
View Item |