STRATEGI GURU AGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 3 MOJOAGUNG JOMBANG

SITI NUR ALYA, 12201183100 (2022) STRATEGI GURU AGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 3 MOJOAGUNG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Agama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Beragama Peserta Didik di SMPN 3 Mojoagung Jombang” ini ditulis oleh Siti Nur Alya, NIM. 12201183100, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. St. Noer Farida Laila, M.A Kata Kunci: Strategi , Guru Agama, Toleransi, Beragama Negara Indonesia termasuk negara pluralisme yang memiliki arti suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat, dan lain-lain. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kerukunan antar umat beragama. Dalam hal ini pendidikan agama dianggap penting dalam upaya menangkal perilaku negative yang akan dilakukan oleh penganutnya. Melihat kondisi lingkungan di SMPN 3 Mojoagung Jombang yang terdiri dari peserta didik muslim dan non muslim berdasarkan pengamatan bahwa di sekolah tersebut sudah mendukung adanya sikap toleransi beragama, sehingga peneliti ingin mengetahui metode guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama dan dampak dari metode yang digunakan dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama. Adapun focus penelitian ini meliputi: 1. bagaimana metode yang digunakan guru agama dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama peserta didik di SMPN 3 Mojoagung Jombang? 2. Mengapa guru agama menggunakan metode dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama peserta didik di SMP Negeri 3 Mojoagung Jombang? 3. Bagaimana dampak dari metode yang digunakan guru agama terhadap sikap toleransi beragama peserta didik di SMP Negeri 3 Mojoagung Jombang? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan, wawancara (interview) dan juga dokumentasi). Teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan varifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Strategi guru agama dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama peserta didik di SMPN 3 Mojoagung Jombang yaitu menggunakan metode pengajaran komunikatif; metode pengajaran aktif; dan metode pengajaran personal. 2. Alasan guru agama menggunakan metode dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama peserta didik yaitu, menggunakan metode pengajaran komunikatif guru agama dapat memahami karakter peserta didik dengan cara memberikan nasehat dan berdiskusi; menggunakan metode pengajaran aktif karena peserta didik pada saat diberi pertanyaan akan berani mengutarakan apa yang ada di hatinya; dan menggunakan metode pengajaran personal karena peserta didik lebih mudah beradaptasi, memahami sekitar dan bisa mengatasi masalahnya sendiri. 3. Dampak dari guru agama menggunakan metode dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama peserta didik yaitu peserta didik akan lebih berani untuk mengungkapkan isi hatinya dan mudah mengetahui karakter peserta didik tersebut; peserta didik memiliki sikap tidak memaksakan dalam beragama; peserta didik menghormati dan menghargai kayakinan antar sesama; peserta didik saling tolong menolong dalam berkehidupan; selalu hidup rukun dimanapun mereka berada; peserta didik tidak pernah mencaci sesembahan dan selalu berbuat adil kepada sesama

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183100 SITI NUR ALYA
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:47
Last Modified: 27 Jun 2022 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26451

Actions (login required)

View Item View Item