STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG

KHOFIFAH KUSUMANINGRUM, 12205183113 (2022) STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta didik di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung” ditulis oleh Khofifah Kusumaningrum, NIM 12205183113, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata kunci: Strategi, Nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter di Indonesia yang belum berhasil terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dalam lingkungan sekolah saat ini masih banyak ditemui permasalahan-permasalahannya. Contohnya, banyak siswa yang tidak jujur kepada Bapak/Ibu guru kepada teman ataupun orang tua, tidak disiplin sering terlambat datang ke sekolah dan lain sebagainya, tidak tanggung jawab. Apabila permasalahan tersebut tertanam sejak dini maka akan tumbuh generasi bangsa yang baik dan berkarakter. Dalam hal ini guru memiliki peran dan kedudukan yang tinggi terhadap pembentukan nilai pendidikan karakter anak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk nilai pendidikan karakter peserta didik di MI Sunan Ampel? (2) Bagaimana proses menanamkan nilai pendidikan karakter peserta didik di MI Sunan Ampel? (3) Bagaimana implikasi menanamkan nilai pendidikan karakter peserta didik di MI Sunan Ampel? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung, (4) Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, (5) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (6) Pengececakan keabsahan data pada penelitian meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk nilai pendidikan karakter peserta didik yang ada di MI Sunan Ampel adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, (2) Proses menanamkan nilai pendidikan karakter peserta didik yang ada di MI Sunan Ampel yaitu melakukan pembiasaan melalui kegiatan rutinitas sehari-hari, melakukan pendampingan saat peserta didik menanamkan nilai pendidikan karakter, kegiatan ekstrakulikuler, memilih strategi yang tepat, (3) implikasi menanamkan nilai pendidikan karakter pada peserta didik adalah melaksanakan hal yang baik tanpa disuruh, memiliki nilai pendidikan karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183113 KHOFIFAH KUSUMANINGRUM
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:47
Last Modified: 27 Jun 2022 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26454

Actions (login required)

View Item View Item