PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FIRDAUS ZABADI, 12201183328 (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Muhammad Firdaus Zabadi, NIM. 12201183328 dengan judul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung”, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : Peran, kemampuan, Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada zaman sekarang masih banyak siswa-siswi yang belum mampu atau belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, terutama disekoah-sekolah umum. Ada diantara mereka yang bahkan sudah duduk di kelas XII, itu artinya sudah lebih dari empat semester mereka bersama dengan Guru Pendidikan Agama Islam dalam suatu proses pembelajaran. Sehingga penulis ingin meneliti lebih dalam lagi mengenai peranan Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an, sehingga diperoleh informasi yang jelas tentang sejauh mana peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an. Sebab, salah satu indikator keberhasilan pendidikan agama islam di sekolah adalah siswa mampu membaca Al-Qur’an dan berusaha untuk memahami isi dan kandungannya. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana dampak peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung; (2) Untuk mengetahui hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung; dan (3) Untuk mengetahui dampak peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data berupa peristiwa, tempat, benda, dan gambar. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka (berdialog) dengan informan atau narasumber. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data berkaitan tentang hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan yaitu peranan sebagai motivator yakni memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa, peranan sebagai fasilitator yakni memberikan fasilitas berupa bimbingan kepada siswa, memberikan pemahaman atau doktrin kepada siswa, serta menerapkan metode yang efektif berupa metode pembiasaan dan metode hafalan. (2) Hambatan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan yaitu kurangnya motivasi dan perhatian dari orangtua, karakteristik siswa yang tidak sama dalam satu lingkup sekolah, faktor kemampuan siswa yang tidak sama juga, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, kurangnya rasa minat siswa untuk belajar membaca Al-Qur’an, serta pengaruh dari lingkungan baik dari keluarga, sekolah, dan pengaruh dari kemajuan iptek. (3) Dampak dari peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan yaitu pertama dampak yang muncul yaitu dari segi sikap dan tingkah laku peserta didik, kedua muncul dari segi meningkatnya kemampuan membaca pada peserta didik atau siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183328 MUHAMMAD FIRDAUS ZABADI
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:31
Last Modified: 27 Jun 2022 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26458

Actions (login required)

View Item View Item