PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG

YUNIAR LAILI SHOFINATURROCHAMAH, 12201183331 (2022) PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung “ ini ditulis oleh Yuniar Laili Shofinaturrochmah, NIM. 12201183331, dosen pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci : Sistem Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Hasil belajar merupakan perolehan nilai yang mengenai perkembangan peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dengan periode waktu tertentu. Hasil belajar ini dapat menunjang kemampuang peserta didik untuk mendapatkan tujuan belajar. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri peserta didik itu seniri, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar didir peserta didik seperti lingkungan rumah, lingungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Pada penelitaian ini terdapat faktor eksternal yang dimaksud adalah sistem pembelajaran daring. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits aspek pengetahuan peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung ?.2) Bagaimana pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits aspek sikap peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung ?. 3) Bagaimana pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits aspek keterampilan peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung ? Tujuan penelitian ini menjelaskan : (1) sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits aspek pengetahuan peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. (2) sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qur’an aspek sikap peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. (3) sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits aspek keterampilan peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungangung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 68 peserta didik. Teknik pengambilan data pada variabel sistem pembelajaran daring pada era pandemi diperoleh dari angket melalui google form, sedangkan varaibel hasil belajar diperoleh dari nilai peserta didik pada ujian tengah semester ganjil 2021/2022. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis secara parsial. Hasil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh sistem pembelajaran daring pada era pandemi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sistem pembelajaran daring pada era pandemi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Hasil uji t ini ditunjukan dari kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Hasil uji t tersebut sebagai berikut pada kelas 7 adalah 0,032 < 0,05 dan perbandingan thitung > ttabel adalah -2,451 > 1,713, pada kelas 8 adalah 0,005 < 0,05 dan perbandingan thitung > ttabel adalah -3,982 > 1,729, dan pada kelas 9 adalah 0,045 < 0,05 dan perbandingan thitung > ttabel adalah 2, 1137 > 1,705. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Maka peserta didik perlu mengoptimalkan belajarnya agar memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Daring
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183331 YUNIAR LAILI SHOFINATURROCHAMAH
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:41
Last Modified: 27 Jun 2022 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26464

Actions (login required)

View Item View Item