STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RETNO EVA NAZILA, 12201183052 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Peserta Didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Retno Eva Nazila, NIM 12201183052, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, yang dibimbing oleh Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena belakangan ini, Banyaknya sekolah umum yang hanya unggul dalam nilai umumnya saja dan kurang dalam bidang keislamanya seperti salah satunya kemampuan membaca Al Qur’an. Minimnya kemampuan membaca Al Qur’an menjadi masalah dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu, sekarang ini banyak lembaga pendidikan yang berusaha menciptakan lulusan yang berkualitas baik dalam bidang umum maupun keislaman. Disini penting bagi seorang guru PAI untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ? (3) Bagaimana implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik di SMAN 1 Rejotangan adalah pembelajaran berpusat di masjid, pembiasaan membaca asmaul husna dan juz ‘amma sebelum pembelajaran PAI, pendampingan guru PAI, pembelajaran dengan praktik langsung, indikator kemampuan membaca Al Qur’an adalah peserta didik mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan lancar, adanya progam SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah), strategi pembelajaran Al Qur’an adalah sistem sorogan. 2) Hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik di SMAN 1Rejotangan adalah kurangnya kedisiplinan peserta didik, peserta didik kurang fokus saat mengikuti pembelajaran di masjid, fasilitas pembelajaran di masjid yang kurang lengkap, kurangnya kedisiplinan hafalan (SKU) peserta didik, keterbatasan waktu pembelajaran PAI. 3) Implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada peserta didik di SMAN 1 Rejotangan adalah peserta didik memiliki kebiasaan ke masjid, peserta didik memilki kebiasaan membaca asmaul husna dan juz ‘amma sebelum pembelajaran, peserta didik mampu membaca ayat suci Al Qur’an dengan baik dan lancar, peserta didik mampu mengetahui doa sehari-hari, peserta didik memiliki hafalan juz ‘amma, kegiatan tersebut memberi nilai plus untuk sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183052 RETNO EVA NAZILA
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:44
Last Modified: 27 Jun 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26465

Actions (login required)

View Item View Item