ZUWIDATUR ROFIQOH, 17206163017 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI RA AL-MUK’MINUN KENDALBULUR BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2020-2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (320kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (789kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran dari Rumah di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur Boyolangu Tulungagung Tahun Akademik 2020-2021” ditulis oleh Zuwidatur Rofiqoh, NIM. 172061 63017, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2020. Dosen Pembimbing: Anggoro Putranto, M.Sc. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran dari Rumah, LFH Beberapa sekolah di Indonesia saat ini mulai melangsungkan pembelajaran dari rumah melalui teknologi digital. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan virus Corona yang mewabah dalam beberapa bulan terakhir ini. Di era saat ini, pembelajaran jarak jauh menjadi suatu model pembelajaran yang populer dan diterima dalam berbagai lembaga pendidikan. Berbagai pihak yang terdampak dari adanya wabah ini antara lain adalah mereka yang kesehariannya menjalankan aktivitas di madrasah, khususnya dalam penelitian ini di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur. Penelitian ini sangat menarik karena mengangkat berbagai hal dan fenomena yang jarang ditemui di lingkungan pendidikan di lembaga tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menerapkan pembelajaran dari rumah di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur Boyolangu Tulungagung Tahun Akademik 2020-2021? (2) Apa kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran dari rumah di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur Boyolangu Tulungagung Tahun Akademik 2020-2021? (3) Bagaimana solusi dari kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran dari rumah di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur Boyolangu Tulungagung Tahun Akademik 2020-2021? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada para wali murid yang bersekolah di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur Boyolangu Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam menerapkan pembelajaran dari rumah di RA Al-Muk‟minun Kendalbulur Boyolangu Tulungagung Tahun Akademik 2020-2021 adalah menerapkan metode yang bervariasi agar peserta didik tidak menjadi bosan, guru memberikan demonstrasi dalam bentuk video kepada pada anak, serta berkolaborasi dan berkoordinasi dengan orang tua dalam menjalankan aktivitas pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran dari rumah tersebut antara lain kondisi sinyal yang kurang stabil, taraf ketuntasan tugas yang kurang maksimal, perbedaan fase perkembangan dan karakter anak, serta orang tua yang kurang sabar dalam mendampingi peserta didik. (3) Solusi dari kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran dari rumah tersebut yakni memberi toleransi pembelajaran dengan wakatu yang fleksibel, pengerjaan tugas yang tidak terlalu memforsir, menerapkan metode yang berbeda antara peserta didik di berbagai jenjang, dan pemberian bimbingan belajar khusus dari guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163017 ZUWIDATUR ROFIQOH |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 05:53 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 05:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26467 |
Actions (login required)
View Item |