PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA (Studi Kasus di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

SITI MAULIDATUL LAILI, 12205183074 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA (Studi Kasus di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa (Studi Kasus di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)”, ini ditulis oleh Siti Maulidatul Laili. NIM. 12205183074 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dibimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Peran Guru, Minat Membaca Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang umum terjadi di sekolah yaitu mengenai menurunnya minat membaca siswa. Padahal membaca merupakan faktor penting dalam sebuah proses pembelajaran disekolah. Hampir seluruh mata pelajaran siswa diharuskan untuk rajin-rajin membaca materi agar lebih memahami teori pelajaran yang diajarkan guru. Dalam proses belajar mengajar, mendengar dan menyimak penjelasan dari guru saja tidak cukup. Mendengarkan dan menyimak penjelasan guru saja hanya akan menyebabkan pemahaman singkat sat itu saja dan nanti ketika di rumah atau saat akan ujian bisa jadi siswa sudah lupa mengenai materi. Untuk itu membaca sangat penting dilakukan dan dijadikan kebiasaan oleh siswa. Kondisi seperti ini menumbuhkan inisiatif dan pemikiran dari guru untuk memaksimalkan lagi perannya agar seluruh siswa bisa memiliki kebiasaan membaca baik di sekolah maupun di rumah. Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat membaca siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan minat membaca siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?, 3) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat membaca siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif, pendekatan yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan periksaan sejawat. Hasil penelitiannya adalah 1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat membaca siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, diantaranya dengan guru harus bisa menempatkan dirinya sebagai teladan bagi siswa, guru harus mengenal siswanya. Bukan hanya kebutuhan, cara belajar dan gaya belajarnya saja. Akan tetapi, guru harus mengetahui sifat, bakat, dan minat masing-masing siswanya, guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan Indonesia pada umumnya, sehingga memberikan arahan dalam memberikan bimbingan kepada siswa, guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang materi yang akan diajarkan. 2) Peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan minat membaca siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, diantaranya dengan membiasakan siswa untuk membaca disetiap pertemuan di kelas, menjelaskan sesuatu yang dipelajari secara jelas dan sederhana dengan menggunakan latihan dan pengalaman serta pengertian yang dimiliki oleh peserta didik, merespon pertanyaan peserta didik, media untuk mengkaji standar materi. Media terbaru yang digunakan di MI Hidayatul Mubtadiin adalah big book, menyesuaikan metode pembelajaran dengan kemampuan dan tingkat perkembangan peserta didik serta menghubungkan materi baru dengan sesuatu yang telah dipelajari. 3) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat membaca siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung diantaranya dengan memberikan kata-kata motivasi baik di dalam maupun diluar kelas, bersikap terbuka, membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada dalam dirinya secara optimal, mengajak siswa mengunjungi perpustakaan atau sarana prasarana yang bisa membuat siswa lebih tertarik dengan membaca.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183074 SITI MAULIDATUL LAILI
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:59
Last Modified: 28 Jun 2022 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26490

Actions (login required)

View Item View Item