ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SENTRA INDUSTRI KECIL BATIK LWANG WENTAR DI KABUPATEN BLITAR

YA'ULIL ALBAB, 12402183117 (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SENTRA INDUSTRI KECIL BATIK LWANG WENTAR DI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Sentra Industri Kecil Batik Lwang Wentar di Kabupaten Blitar”. Ditulis oleh Ya’ulil Albab, NIM. 12402183117, dengan dosen pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan di dunia usaha yang menekankan bahwa pentingnya memiliki strategi pemasaran khususnya produk batik yang meluas ke masyarakat umum sebagai bahan sandang. Hal tersebut menuntut pengusaha batik untuk dapat merumuskan kembali strategi yang tepat guna menarik pelanggan dalam jangka panjang sehingga dapat meningkatkan loyalitas, kepuasan pelanggan atau konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini: 1) Bagaimana analisis SWOT terkait strategi pemasaran sentra industri kecil batik Lwang Wentar di Kabupaten Blitar. 2) Bagaimana strategi pemasaran sentra industri kecil batik Lwang Wentar di Kabupaten Blitar dengan menggunakan analisis SWOT. 3) Faktor internal dan faktor eksternal apa saja yang mempengaruhi penjualan produk batik Lwang Wentar di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data bersumber dari pemilik usaha, karyawan, konsumen sentra industri kecil batik Lwang Wentar Kabupaten Blitar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Blitar, serta Dinas Koperasi dan UMKM di Kabupaten Blitar. Ada empat metode dalam analisis data, yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini: 1) Analisis SWOT terkait pemasaran sentra industri kecil batik Lwang Wentar, diantaranya dalam diagram analisis SWOT sentra industri kecil batik Lwang Wentar berada di kuadran I yang memiliki kekuatan dan peluang untuk dimanfaatkan. (2) Strategi pemasaran sentra industri kecil batik Lwang Wentar menggunakan analisis SWOT, diantaranya Strategi SO, Strategi WO, Strategi ST, dan Strategi WT. (3) Faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh dalam penjualan produk batik Lwang Wentar, diantaranya faktor internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan sentra industri kecil batik Lwang Wentar, dan faktor eksternal yang mencakup peluang dan ancaman sentra industri kecil batik Lwang Wentar. Kata Kunci : Industri Kecil, Produk Batik, Strategi Pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Albab Ya'ulil
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:56
Last Modified: 27 Jun 2022 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26497

Actions (login required)

View Item View Item