NURUL FAUZIAH, 12208183041 (2022) IMPLEMENTASI PRAKTIKUM MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN SISTEM DARING PADA MATERI SISTEM GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (486kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (422kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (395kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Praktikum Mandiri Dalam Pembelajaran Sistem Daring Pada Materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nurul Fauziah, NIM 12208183041, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Praktikum Mandiri, Pembelajaran Daring, Sistem Gerak Pada Tumbuhan Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah pandemi covid-19 yang menyebabkan adanya perbedaan sistem pembelajaran dari luring menjadi daring. Dalam pembelajaran berbasis praktikum, khususnya mata pelajaran IPA yang semula luring juga harus dilakukan secara daring. Pembelajaran daring dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung dalam satu tempat. Guru dan peserta didik tentunya membutuhkan adaptasi yang luar biasa dalam melaksanakan sistem pembelajaran daring. Dalam hal ini peneliti mengamati perencanaan sampai dengan selesainya pelaksanaan kegiatan praktikum mandiri yang belum pernah dilakukan oleh peserta didik sebelumnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring oleh guru pada materi sistem gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring pada materi sistem gerak pada tumbuhan kelas di VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring pada materi sistem gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring oleh guru pada materi sistem gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar? 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring pada materi sistem gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar ? 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring pada materi sistem gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan metode wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi dalam pengambilan data. Metode wawancara secara mendalam digunakan untuk menggali data serta informasi mengenai perencanaan oleh guru IPA SMP Muallimin Wonodadi dan menggali faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Metode observasi digunakan untuk mengamati aktivitas dalam pelaksanaan praktikum dalam pembelajaran sistem daring, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan RPP yang xviii sudah dibuat oleh guru. Subyek pada penelitian ini ialah Ibu Nanda Rahma Buwana S.Pd. Selaku guru IPA di SMP Muallimin Wonodadi dan siswa kelas VIII sebanyak 14 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring di SMP Muallimin dimulai dari perencanaan yang dilakukan oleh guru dengan mempersiapkan RPP,penentuan media dan aplikasi yang akan digunakan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdiri dari 3 tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, inti sampai penutup. Peserta didik terlihat aktif saat mengikuti jalannya pembelajaran yang sesuai dengan skenario yang sudah dibuat oleh guru dalam RPP. Dari hasil wawancara mengenai faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan praktikum mandiri dalam pembelajaran sistem daring banyak yang merespon dengan jawaban yang hampir sama semua, diantaranya yaitu: a) faktor pendukung: Wifi, handphone, paket data gratis, dan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring seperti whatsaap grup, youtube, dan google classroom. b) faktor penghambat: Sinyal dan jaringan yang tidak tersedia, paket data habis, listrik padam, handphone dengan batrai boros, paket data gratis hanya berisi kuota belajar saja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Strategi Pembelajaran Biologi > Tumbuhan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183041 NURUL FAUZIAH |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:25 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26509 |
Actions (login required)
View Item |