MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

ERINDA NUNUNG SETIYAWATI, 12207183105 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’arif Tulungagung”, ini ditulis oleh Erinda Nunung Setiyawati NIM. 12207183105. Program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing Dr. H. Masduki, M.Ag., NIP. 19620708 199803 1 001. Kata Kunci : Manajemen, Kesiswaan, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’arif Tulungagung. Manajemen kesiswaan memiliki urgensi dalam tahap peningkatan kualitas suatu lembaga pendidikan maupun menjaga konsistensi mutu lembaga pendidikan utamanya dalam meningkatkan prestasi siswa. Seluruh sumber daya manusia yang terdapat dalam lingkungan lembaga pendidikan harus dikelola dengan baik. Khususnya adalah siswa yang menduduki sebagai objek utama dalam proses pendidikan untuk mencapai hasil berupa prestasi akademik dan non akademik. Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dibina dan diberi ruang untuk menyalurkan bakat melalui program atau kegiatan yang dirancang oleh pihak Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan. Salah satu tujuan dari adanya manajemen kesiswaan adalah agar menjadi sarana dalam meningkatkan prestasi yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam proses pelaksanaan manajemen kesiswaan ini dibutuhkan sebuah control yang dibungkus dalam satu wadah manajemen meliputi: planning, organizing, actuating, controlling Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan manajemen kesiswaan di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi manajemen kesiswaan terhadap prestasi akademik dan Non akademik di MTs Al- Ma’arif Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil dasar dari manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Wakil Kepala Sekolah bidang sarana dan prasarana serta. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dengan pihak informan dan dokumentasi selama proses observasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, pemadatan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan tingkatan keabsahan data dilakukan dengan metode kepercayaan (credibilitas), keteralihan (Transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability ). Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) Manajemen kesiswaan di MTs Al-Ma’arif Tulungagung ini dawali dengan kegiatan perencanaan yang dilaksanakan pada agenda tahunan sekolah. Pembuatan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207183105 ERINDA NUNUNG SETIYAWATI
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:09
Last Modified: 28 Jun 2022 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26531

Actions (login required)

View Item View Item