NUR VIAN SABILIN NISA', 12205183137 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MATERI PLUS PADA KELAS BAWAH DI SDI AL HIDAYAH SAMIR KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang menjadi trend dalam pendidikan agama saat ini adalah program hafalan surat-surat pendek pada juz ke 30. SDI Al Hidayah merupakan lembaga pendidikan formal di bawah naungan LP Ma‟arif NU Tulungagung, sebagai sekolah dasar islam unggulan telah mencetuskan program hafalan sejak berdirinya SDI Al Hidayah yang disebut dengan pembelajaran materi plus yang disertai target hafalan yang telah ditentukan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam pembelajaran materi plus pada kelas bawah? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam pembelajaran materi plus pada kelas bawah? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran materi plus pada kelas bawah? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi yang diterapkan guru dalam pembelajaran materi plus pada kelas bawah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian adalah SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Serta pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan guru dalam pembelajaran materi plus pada kelas bawah dengan (1) menyiapakan guru pembimbing, (2) menyiapkan metode pembelajaran, ayat atau surat yang akan dihafal, target hafalan, dan murajaah sebelum pembelajaran inti. Kedua, pelaksanaan guru dalam pembelajaran materi plus terdapat beberapa tahapan (1) dimulai pukul 07.00 – 08.00 WIB secara klasikal, menggunakan metode talaqqi dan talqin. (2) Kegiatan diawali dengan pembukaan, murajaah, penambahan ayat, setoran hafalan, (3) dilanjut dengan membaca bersama dan menulis ayat atau surah. Ketiga, evaluasi yang diterapkan guru dalam pembelajaran materi plus pada kelas bawah adalah (1) melaksanakan ujian jangka pendek (penilaian harian), (2) ujian jangka panjang seperti penilaian akhir semester, (3) dan rapat rutin bagi para tenaga pendidik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183137 NUR VIAN SABILIN NISA' |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 08:07 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 08:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26533 |
Actions (login required)
View Item |