ANALISIS PERBANDINGAN FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI MOBILE BANKING BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro dan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro)

TALITA OKTANIA SARI, 12401183115 (2022) ANALISIS PERBANDINGAN FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI MOBILE BANKING BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro dan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bojonegoro). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Perbandingan Fasilitas dan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah dan Bank Konvensional Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro dan Bank Rakyat Indonesia KC Bojonegoro)”. ini ditulis oleh Talita Oktania Sari, NIM. 12401183115, pembimbing Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah nasabah yang menggunakan aplikasi mobile banking. Nasabah yang menggunakan aplikasi mobile banking ini terdiri dari nasabah bank konvensional dengan bank syariah. Bank umum di Bojonegoro dengan jumlah paling diminati oleh nasabah adalah BRI KC Bojonegoro. Sedangkan bank syariah yang paling banyak jumlah nasabahnya adalah BSI KC Bojonegoro. Fasilitas dan kualitas layanan yang diberikan oleh BRI KC Bojonegoro dan BSI KC Bojonegoro dapat dinilai baik atau tidaknya dari puas atau tidaknya nasabah terhadap layanan yang diberikan oleh kedua bank tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perbedaan fasilitas dan kualitas layanan aplikasi BRI mobile banking dan BSI mobile banking? 2) Bagaimana penilaian dari nasabah terhadap fasilitas dan kualitas layanan aplikasi mobile banking yang disediakan oleh BRI KC Bojonegoro dan BSI KC Bojonegoro? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perbedaan fasilitas dan kualitas layanan aplikasi BRI mobile banking dengan BSI mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada BRI KC Bojonegoro dan BSI KC Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari hasil penelitian lapangan meliputi wawancara dengan pimpinan, customer service dan nasabah lembaga penelitian dan data sekunder diperoleh dari buku referensi, jurnal dan website lembaga penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perbandingan menunjukan bahwa fitur pada BSI mobile banking lebih banyak dari pada fitur pada BRI mobile banking, tarif layanan pada BRI mobile banking dan BSI mobile banking sama-sama memiliki biaya tarif yang cukup terjangkau, keamanan BRI mobile banking dan BSI mobile banking sama-sama memiliki 3 keamanan, dan kualitas layanan pada BRI mobile banking masih sering terjadi kendala namun saat nasabah komplain kepada pihak bank tidak dilayani dengan cukup baik. Berbeda dengan kualitas layanan pada BSI mobile banking, dimana nasabah jarang mengalami kendala. 2) Nasabah merasa puas setelah menggunakan dan bertransaksi melalui aplikasi BRI mobile banking dan BSI mobile baking, meskipun ada beberapa kendala dan masalah yang dihadapi oleh nasabah, seperti terblokirnya akun karena lupa password atau username, gagal transfer, dan lainnya. Namun nasabah tetap akan menggunakan aplikasi BRI mobile banking dan BSI mobile banking. Kata Kunci: Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Fasilitas, Kualitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183115 TALITA OKTANIA SARI
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:09
Last Modified: 28 Jun 2022 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26543

Actions (login required)

View Item View Item