ANGGI NOVITA, 12201183270 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Anggi Novitas, NIM 12201183270, pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Kreativitas Guru, Motivasi, Prestasi Peserta Didik Pelajar saat ini kurang mementingkan belajarnya di sekolah, mereka hanya sekedar datang bahkan ada yang tidur di kelas ataupun bermain gadget sendiri. Padahal menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan khususnya dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadis yang menjelaskan makna dan kandungan dari ayat al-Qur’an serta hadis Nabi. Perilaku demikian dipengaruhi dengan adanya karakter, watak, dan daya serap peserta didik yang berbeda-beda. Lingkungan yang notabene menggunakan IPTEK juga menjadi pengauh karena penggunaanya tidak digunakan secara bijak. Kesadaran diri sendiri peserta didik untuk belajar dan berusaha juga berkurang bahkan mereka hanya mengandalkan jawaban dari gadget dan teman-temannya. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran al-Qur’an Hadis, seperti penggunaan metode dan media dari guru yang harus mempunyai kreativitas sehingga peserta didik lebih tertarik dengan pelajaran tersebut. Fokus penelitian ini adalah kreativitas guru menggunakan metode, media pembelajaran, dan hambatan guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek. Adapun pertanyaan peneliti adalah (1) Bagaimana kreativitas guru menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (2) Bagaimana kreativitas guru menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (3) Bagaimana hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan kreativitas guru menggunakan metode pembelajaran meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (2) Untuk Mendeskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan media meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (3) Untuk Mendeskripsikan hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyasian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sedangkan subjek penelitiannya adalah waka kurikulum, guru mata pelajaran al Qur’an hadis MAN 1 Trenggalek, serta peserta didik MAN 1 Trenggalek.Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek yaitu dengan menggunakan metode ceramah dengan konsep melibatkan peserta didik untuk turut aktif dan guru menjelaskan dengan santai sehingga peserta didik merasa nyaman. Metode lain yaitu dengan hafalan ayat serta metode menonton film pada materi tertentu. Hal tersebut sebelumnya juga dilakukan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) guna bisa bertukar fikiran antara guru satu dengan yang lain. (2) Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan yaitu LCD proyektor untuk menampilkan PPT (power point text) serta pemutaran film. Media potongan ayat juga digunakan untuk mempermudah hafalan peserta didik dan sebagai evaluasi hafalan. (3) Faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek yaitu dengan adanya kesibukan guru yang tidak hanya mengajar akan jarang menyebabkan tidak maksimalnya materi yang disampaikan, kesadaran dari peserta didik yang masih rendah mengakibatkan kenakalan padanya, fasilitas yang terkadang ada kendala, serta jam pelajaran al-Qur’an Hadis yang biasanya siang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Prestasi Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183270 ANGGI NOVITA |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 02:48 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26548 |
Actions (login required)
View Item |