KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN 1 TRENGGALEK

ANGGI NOVITA, 12201183270 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Anggi Novitas, NIM 12201183270, pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Kreativitas Guru, Motivasi, Prestasi Peserta Didik Pelajar saat ini kurang mementingkan belajarnya di sekolah, mereka hanya sekedar datang bahkan ada yang tidur di kelas ataupun bermain gadget sendiri. Padahal menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan khususnya dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadis yang menjelaskan makna dan kandungan dari ayat al-Qur’an serta hadis Nabi. Perilaku demikian dipengaruhi dengan adanya karakter, watak, dan daya serap peserta didik yang berbeda-beda. Lingkungan yang notabene menggunakan IPTEK juga menjadi pengauh karena penggunaanya tidak digunakan secara bijak. Kesadaran diri sendiri peserta didik untuk belajar dan berusaha juga berkurang bahkan mereka hanya mengandalkan jawaban dari gadget dan teman-temannya. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran al-Qur’an Hadis, seperti penggunaan metode dan media dari guru yang harus mempunyai kreativitas sehingga peserta didik lebih tertarik dengan pelajaran tersebut. Fokus penelitian ini adalah kreativitas guru menggunakan metode, media pembelajaran, dan hambatan guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek. Adapun pertanyaan peneliti adalah (1) Bagaimana kreativitas guru menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (2) Bagaimana kreativitas guru menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (3) Bagaimana hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan kreativitas guru menggunakan metode pembelajaran meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (2) Untuk Mendeskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan media meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek ? (3) Untuk Mendeskripsikan hambatan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyasian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sedangkan subjek penelitiannya adalah waka kurikulum, guru mata pelajaran al Qur’an hadis MAN 1 Trenggalek, serta peserta didik MAN 1 Trenggalek.Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek yaitu dengan menggunakan metode ceramah dengan konsep melibatkan peserta didik untuk turut aktif dan guru menjelaskan dengan santai sehingga peserta didik merasa nyaman. Metode lain yaitu dengan hafalan ayat serta metode menonton film pada materi tertentu. Hal tersebut sebelumnya juga dilakukan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) guna bisa bertukar fikiran antara guru satu dengan yang lain. (2) Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan yaitu LCD proyektor untuk menampilkan PPT (power point text) serta pemutaran film. Media potongan ayat juga digunakan untuk mempermudah hafalan peserta didik dan sebagai evaluasi hafalan. (3) Faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Trenggalek yaitu dengan adanya kesibukan guru yang tidak hanya mengajar akan jarang menyebabkan tidak maksimalnya materi yang disampaikan, kesadaran dari peserta didik yang masih rendah mengakibatkan kenakalan padanya, fasilitas yang terkadang ada kendala, serta jam pelajaran al-Qur’an Hadis yang biasanya siang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Prestasi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183270 ANGGI NOVITA
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:48
Last Modified: 04 Jul 2022 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26548

Actions (login required)

View Item View Item