STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANJUNGANOM NGANJUK

PANDU WIJAYA GUMILANG, 17201163245 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk” ini di tulis oleh Pandu Wijaya Gumilang, NIM. 17201163245. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag, NIP. 19600524 199103 1 001 Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan, Penelitian ini dilatar belakangi adanya teori yang mengemukakan bahwa tanpa adanya disiplin yang baik, suasana sekolah dan juga kelas, menjadi kurang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Secara positif, disiplin memberi dukungan lingkungan yang tenang dan tertib bagi proses pembelajaran. Maka dari itu, penelitian ini penting dilakukan karena guru menggunakan 2 metode pembelajaran yaitu metode tatap muka dan metode online disebabkan karena pandemi Covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk ? (2) Bagaimana Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan beribadah peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk ? (3) Bagaimana Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan tata tertib peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk ? Tujuan Penelitian adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan beribadah peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk. (3) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan tata tertib peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data : dari Subyek Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Koordinator Bidang Tata Tertib dan Siswa. Hasil Penelitian: (1) Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk adalah dengan adanya kontrak belajar, pembiasaan, motivasi dan reward (2) Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan beribadah peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk adalah pembiasaan mengadakan kegiatan keagamaan, keteladanan dan pengawasan (3) Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan tata tertib peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk adalah adanya sosialisasi tata tertib, hukuman dan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163245 PANDU WIJAYA GUMILANG
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:55
Last Modified: 28 Jun 2022 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26577

Actions (login required)

View Item View Item