PANDU WIJAYA GUMILANG, 17201163245 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (835kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk” ini di tulis oleh Pandu Wijaya Gumilang, NIM. 17201163245. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag, NIP. 19600524 199103 1 001 Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan, Penelitian ini dilatar belakangi adanya teori yang mengemukakan bahwa tanpa adanya disiplin yang baik, suasana sekolah dan juga kelas, menjadi kurang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Secara positif, disiplin memberi dukungan lingkungan yang tenang dan tertib bagi proses pembelajaran. Maka dari itu, penelitian ini penting dilakukan karena guru menggunakan 2 metode pembelajaran yaitu metode tatap muka dan metode online disebabkan karena pandemi Covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk ? (2) Bagaimana Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan beribadah peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk ? (3) Bagaimana Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan tata tertib peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk ? Tujuan Penelitian adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan beribadah peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk. (3) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan tata tertib peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data : dari Subyek Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Koordinator Bidang Tata Tertib dan Siswa. Hasil Penelitian: (1) Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk adalah dengan adanya kontrak belajar, pembiasaan, motivasi dan reward (2) Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan beribadah peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk adalah pembiasaan mengadakan kegiatan keagamaan, keteladanan dan pengawasan (3) Strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan tata tertib peserta didik di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk adalah adanya sosialisasi tata tertib, hukuman dan evaluasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163245 PANDU WIJAYA GUMILANG |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 06:55 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26577 |
Actions (login required)
View Item |