MUHAMMAD RIZAL WIRA'I, 12205183005 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (394kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pada pembelajaran tematik, ketika kegiatan pembelajaran berlangsung menggunakan metode yang kurang tepat, penggunaan media yang kurang dikembangkan. Hal tersebut menyebabkan kurang kondusifnya suasana kelas. Siswa menjadi tidak termotivasi dalam belajar, pembelajaran hanya terjadi satu arah yang hanya berfokus pada guru (teacher centered) sehingga berdampak pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan inovasi dalam pemakaian media pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam mnyampaikan materi pelajaran,dan membantu siswa menjadi lebih mudah dalam menerima pelajaran. Salah satunya menggunakan media pembelajaran Youtube yang diharapkan peserta didik mampu aktif dalam pmbelajaran serta mencapai hasil belajar di atas-rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu. (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu. (3) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas II di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu menggunakan angket dan tes (posttest), sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (2) Ada pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010, dimana lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (3) Ada pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SDIT Al-Asror Ringinpitu. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Manova, diperoleh harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kolom kelas memiliki nilai Sig. 0,000 > 0,05, yang artinya harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root semuanya signifikan dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183005 MUHAMMAD RIZAL WIRA'I |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:56 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26593 |
Actions (login required)
View Item |