KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS MA’ARIF PUTER LAMONGAN

DEWI ABIROTUS SHOMADIYAH, 12207183111 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS MA’ARIF PUTER LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan”. Skripsi ini ditulis oleh Dewi Abirotus Shomadiyah, NIM. 12207183111, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Sehingga peningkatan kinerja guru dianggap pilihan paling tepat untuk mempersiapkan para guru dalam upaya menjawab tantangan zaman. Karena mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran kedepannya yang akan berpengaruh kepada mutu lulusan dan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan dari pendidikan nasional. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan? (2) Bagaimana implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan? (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Ma’arif Puter Lamongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Subyek dari penelitian adalah kepala madrasah, komite madrasah, waka kurikulum, wali kelas, guru, dan siswa. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan yaitu (a) pembinaan kinerja guru, (b) pengawasan kinerja guru, (c) peningkatan kedisiplinan guru, (d) pemberian motivasi,(e)pemberian penghargaan/ reward. (2) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan yaitu (a) kepala madrasah aktif mengikutkan guru dalam seminar, workshop, dan pelatihan-pelatihan terkait keprofesian guru baik didalam atau diluar madrasah, (b) kepala madrasah selalu mengawasi kinerja guru setiap hari selama 10 – 15 menit, (c) kepala madrasah menerapkan program salam ta’dzim guru guna meningkatkan kedisiplinan guru, (d) kepala madrasah senantiasa memberikan motivasi atau dorongan kepada para guru berupa pemberian semangat, (e) kepala madrasah memberikan penghargaan berupa kenaikan jabatan dan liburan bersama seluruh guru. (3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif Puter Lamongan yaitu kepala madrasah mengadakan pengawasan dan rapat yang diikuti oleh seluruh guru pada setiap akhir tahun pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183111 DEWI ABIROTUS SHOMADIYAH
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:14
Last Modified: 28 Jun 2022 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26632

Actions (login required)

View Item View Item