PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENGEMBANGKAN MENTAL DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V MIN I TULUNGAGUNG

ERNES ELVIDE, 12205183102 (2022) PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENGEMBANGKAN MENTAL DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V MIN I TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Daring untuk Mengembangkan Mental dan Kreativitas Peserta Didik Kelas V MIN I Tulungagung” ditulis oleh Ernes Elvide. NIM. 12205183102. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Mental, Kreativitas Dampak adanya penyebaran virus covid-19 melumpuhkan segala jenis elemen dalam masyarakat termasuk dalam bidang pendidikan. Pembelajaran daring ialah salah satu solusi agar pendidikan di Indonesia tetap dapat dilaksanakan. Perubahan sistem pendidikan yang semula tatap muka secara langsung kini harus dilaksanakan dengan bertatap pada layar gadged. Biaya operasional maupun fasilitas penunjang pembelajaran mempengaruhi kegiatan belajar siswa yang menambah tekanan pikiran guru dan siswa. Berkaitan dengan ini maka perlu adanya penelitian terkait pembelajaran daring untuk mengembangkan mental dan kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran daring dalam mengembangkan mental peserta didik kelas V MIN I Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring dalam mengembangkan kreativitas peserta didik kelas V MIN I Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi pembelajaran daring dalam mengembangkan mental dan kreativitas peserta didik kelas V MIN I Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V dan juga asrip kesiswaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari mereduksi data,penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data.sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sesederhana mungkin, menggunakan strategi blended learning, media yang berupa gambar, audio, vidio dan dokumen. Sumber belajar yang digunakan berupa buku lembar kerja siswa, materi dari internet dan juga lingkungan sekitar. (2) Platform yang digunakan ialah whatsapp, e-learning madrasah, youtube dan zoom meating atau google meet. Pelaksanaan pembelajaran berupa pembukaan, kegiatan inti dan penutup. (3) Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi formatif, evaluasi sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183102 ERNES ELVIDE
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:12
Last Modified: 28 Jun 2022 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26688

Actions (login required)

View Item View Item